Home / Warta / Politik / KIK: Olahraga Satukan Pemimpin, Sejukkan Tahun Politik
Foto: Okezone News

KIK: Olahraga Satukan Pemimpin, Sejukkan Tahun Politik

agregasi

 

JAKARTAWaspada.co.id– Pertandingan pencak silat dalam ajang Asiang Games 2018 yang dihadiri Presiden Jokowi, Wapres Jusuf Kalla, Megawati Soekarnoputri, Prabowo Subianto, Puan Maharani dinilai dapat menyatukan para tokoh bangsa. Kehadiran para tokoh bangsa itu disebut membuat iklim politik menjadi sejuk.

“Politik menjadi sejuk. Apapun yang namanya perjuangan membawa nama harum bangsa Indonesia tidak membedakan suku, agama, warna kulit, status sosial, maupun gender. Untuk keharuman bangsa semua pimpinan nasional bersatu, apapun partai dan calon presidennya,” kata Sekretaris Tim Kampanye Jokowi-KH Ma’ruf Amin, Hasto Kristiyanto, dalam keterangan tertulis yang diterima Okezone, Kamis (30/8/2018).

Ia menilai olahraga mengajarkan sportivitas, kejujuran, unjuk prestasi, dan ketaatan pada aturan main. Kata Hasto, semangat olahraga yang seperti itu seharusnya merasuk dalam politik.

Jokowi dan Prabowo di final pencak silat. (Foto: Laily Rachev/Biro Pers Setpres)

Politik pun harus mengejar prestasi melalui gagasan-gagasan terbaik untuk Indonesia Raya. Mereka yang melakukan kecurangan, kampanye hitam, dan ujaran kebencian, termasuk hoax, sama saja dengan mematikan keadaban bangsa dan sudah selayaknya dihukum oleh ‘wasit politik’, yaitu rakyat Indonesia. Rakyatlah yang bertindak sebagai wasit dan hakim pemilu yang paling adil,” jelasnya.

Sementara itu, pencak silat sebagai olahraga originalitas bangsa dinilai dapat membawa namah harum Indonesia. Lewat olahraga itu, nama Indonesia berhasil mentas di kancah internasional.

“Politik olahraga itulah yang seharusnya menjadi cermin dalam jagad politik Indonesia yang seringkali diwarnai kepentingan sempit kekuasaan yang menghalalkan segala cara,” katanya.

Jokowi bersama pesilat Hanif dan Prabowo. (Foto: Laily Rachev/Biro Pers Setpres)

Karena itu, dalam Pilpres 2019, Hasto menyebut, tim kampanye Jokowi-KH Maruf Amin akan meneladani nilai-nilai dalam olahraga. Menurutnya, pemilu juga seharusnya fokus pada nama harum Indonesia.

“Marilah bersatu dalam Pancasila, dan berkomitmen menolak berbagai sekat pemecah belah. Sekiranya kita bersatu dan terus kedepankan prestasi, maka bangsa Indonesia bisa bergerak cepat menuju kemajuan di segala bidang kehidupan,” jelasnya.

Ia melanjutkan, setiap energi negatif berupa hoax akan memerlambat kemajuan. “Jokowi-Kyai Ma’ruf Amin lebih memilih cara2 yang membawa kemajuan tersebut,” pungkasnya.

(erh/dv)

Check Also

Timses Jokowi-Ma’Ruf Gerak Cepat Bentuk TKD Tingkat Provinsi & Kabupaten

  JAKARTA – Tim Sukses (Timses) pasangan bakal calon Presiden dan Wakil Presiden Indonesia Joko ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: