_
Home / Warta / Politik / Kiai Ma’ruf Ingin PKB Ambil Peran Lebih Besar
KH Maruf Amin hadiri penutupan Muktamar V PKB (Foto: Rochim/Koran Sindo)

Kiai Ma’ruf Ingin PKB Ambil Peran Lebih Besar

BALI – Muktamar V Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi berakhir pada Rabu malam (21/8/2019). Selain menetapkan kembali Muhaimin Iskandar sebagai ketua umum dan KH Dimyati Rois sebagai Ketua Dewan Syuro Periode 2019-2024, Muktamar juga menghasilkan sejumlah rekomendasi yang disebut Komitmen Bali.

Wakil Presiden terpilih KH Ma’ruf Amin dalam sambutannya saat penutupan berharap PKB ke depan ikut menyukseskan program pembangunan pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma’ruf Amin yang tertera dalam program Nawacita 2.

“PKB akan mengambil peran lebih besar, lebih aktif sebagai partai yang lahir dari NU. Harus mengambil peran yaitu menjaga negara NKRI dari perpecahan, menjaga dari ketidakutuhan, baik karena faktor yang sifatnya kesukuan, kedaerahan, maupun karena adanya ideologi yang menyimpang dari kesepaatan yang diberikan para pendiri bangsa,” tutur Kiai Ma’ruf.

Menurut Kiai Ma’ruf, PKB harus ada di depan dalam menangkal berkembangnya faham radikalisme, intoleran, maupun faham khilafah. “Kenapa khilafah ditolak di Indonesia? Saya bilang bukan ditolak, tapi tertolak karena memang tidak bisa masuk karena menyalahi kesepakatan,” tuturnya.

PKB bersama pemerintah juga harus melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat di dalam mewujudkan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. “Ini untuk menghilangkan kesenjangan si kaya dan miskin, Jawa luar Jawa, kuat dan yang tidak kuat maka kita harus berdayakan masyarakat, terutama warga NU yang kebanyakan memang masyarakat kelompok dhuafa dan mustadafin,” paparnya.

Kiai Ma’ruf berharap ke depan PKB terus mengalami kenaikan elektabilitas. “Waktu itu, 2014, saya berharap PKB kembali pada perolehannya tahun 1999 minimal 13 persen. Alhamdulillah ternyata 2014, PKB naik, 2019 juga naik. Kita harapkan terus naik,” katanya.

Check Also

PKB Sambut Baik Rencana Jokowi Buat Kementerian Baru

  JAKARTA – Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Kadir Karding menyambut baik rencana ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.