Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Ketua Komisi VII Persoalkan Kenaikan Subsidi Solar Tanpa APBN-P
Ketua Komisi VII DPR RI, Gus Irawan Pasaribu. (WOL Photo/Ist)

Ketua Komisi VII Persoalkan Kenaikan Subsidi Solar Tanpa APBN-P

MEDAN, Waspada.co.id – Ketua Komisi VII DPR Gus Irawan Pasaribu mengatakan, pemerintah menaikkan subsidi tetap minyak solar tahun anggaran 2018, tanpa melalui perubahan Undang-undang APBN.

Dia menyebutkan, di APBN 2018, subsidi tetap minyak solar dipatok Rp500 per liter. Beberapa waktu lalu Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan pernah menyurati Komisi VII untuk menambah subsidi tersebut menjadi Rp2.000 per liter.

Alasanya, menurut surat itu, adalah harga minyak mentah dunia naik. Sementara di asumsi APBN 2018, ICP dipatok 48 dolar AS, jauh lebih rendah dari harga terkini minyak dunia yang sudah di angka 70 dolar AS.

“Prinsipnya kami setuju saja, tapi kami minta mekanismenya adalah dengan mengubah APBN. Tapi pemerintah tidak mengajukan APBN Perubahan di 2018. Boleh teman-teman cek, kayaknya pemerintah paksakan bayar Rp2.000 juga ke Pertamina,” kata Gus Irawan kepada wartawan melalui sambungan telepon, Kamis (27/9) kemarin.

Diakuinya surat yang dikirim menteri ESDM tersebut tidak dibahas di Komisi VII karena menilai satu-satunya cara untuk menambah subsidi tetap minyak solar dari Rp500 menjadi Rp2.000 per liter, hanya melalui APBN Perubahan.

Politikus Gerindra ini juga menyebutkan, pemerintah lewat surat itu ingin menambah subsidi solar tersebut memakai dana cadangan fiskal. Bila rencana ini tetap dieksekusi tanpa persetujuan DPR lewat APBNP, Gus menyebut itu berpotensi melanggar UU APBN.

“Yang melanggar itu adalah, kalau kemudian negara membayar (Rp 2.000) kepada Pertamina tidak melalui APBN Perubahan. Karena di UU APBN 2018, sudah dipatok Rp 500,” jelasnya. Jika pemerintah membayar subsidi tetap solar ke Pertamina sesuai APBN, yakni Rp500, otomatis Rp1.500 sisanya dibebankan kepada BUMN tersebut. (wol/min/data1)
Editor: Agus Utama

Check Also

Komisi VII: EBT Sudah Masuk Prolegnas 2019

JAKARTA, Waspada.co.id – Ketua Komisi VII DPR RI, Gus Irawan Pasaribu, mengungkapkan hasil pertemuan internal ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: