Home / Warta / Politik / Ketua Komisi II DPR Tak Setuju Pilkada kembali Dipilih DPRD
Istimewa

Ketua Komisi II DPR Tak Setuju Pilkada kembali Dipilih DPRD

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Ketua Komisi II DPR RI Zainudin Amali menolak wacana kembalinya sistem pemilihan kepala daerah (Pilkada) melalui DPRD. Amali menganggap Pilkada secara langsung masih lebih baik untuk demokrasi ketimbang dipilih lewat DPRD.

“Saya meyakini bahwa pelaksanaan Pilkada langsung buat demokrasi kita itu lebih baik ketimbang kita kembalikan lagi ke DPRD,” ujar Amali di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (11/4/2018).

Bila Pilkada langsung ini dianggap mengeluarkan biaya tinggi, menurut Amali hal tersebut bisa disiasati dengan mengurangi poin-poin yang membuat tingginya biaya yang harus dikeluarkan untuk mengadakan Pilkada langsung.

“Kemudian kalau soal biaya tinggi kan banyak item yang bisa dihilangkan atau dikurangi bukan menghilangkan sistemnya,” jelasnya.

Politikus Partai Golkar itu juga tak setuju apabila politik uang serta maraknya korupsi yang menyeret kepala daerah merupakan akibat dari pelaksanaan Pilkada langsung. Amali menilai tak ada jaminan Pilkada lewat DPRD bisa terbebas dari politik uang.

“Memang siapa yang bisa menjamin kalau di DPRD enggak ada money politic?,” ungkapnya.

Menurut Amali politik uang dan korupsi dalam Pilkada sebenarnya bisa dicegah. Salah satunya adalah partai politik, lanjut Amali harus mencari calon kepala daerah memiliki kemampuan dan berintegritas agar tidak tergoda melakukan perbuatan melawan hukum.

“Bagaimana memilih dan menghasilkan calon yang benar-benar punya kemampuan memimpin punya karakter kerakyatan dan dia punya konsistensi menjalankan program terus tidak tergoda untuk melanggar hukum dan sebagainya,” pungkasnya.

Check Also

Pelapor Kasus Korupsi Dapat Rp200 Juta, DPR Minta Dikaji agar Tak Jadi Janji Kosong

JAKARTA – Pelapor kasus korupsi bakal diganjar Rp200 juta. Hal itu termaktub dalam Peraturan Pemerintah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: