Home / Warta / Mancanegara / Kesal dengan Kanada, Trump Ancam Keluar dari NAFTA
Perdana Menteri Kanada & Presiden Amerika Serikat (AFP)

Kesal dengan Kanada, Trump Ancam Keluar dari NAFTA

WASHINGTON, Waspada.co.id – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyatakan, Kanada tidak perlu ambil bagian dalam Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA).

Tak hanya itu, Trump juga memperingatkan Kongres agar tidak ikut campur dalam negosiasi NAFTA atau ia akan mengakhiri perjanjian perdagangan trilateral tersebut.

baca: AS-Meksiko Capai Kesepakatan Dagang Dengan AS, Kanada?

“Tidak ada keharusan secara politik untuk menjaga Kanada dalam kesepakatan NAFTA yang baru, jika kami membuat kesepakatan yang adil untuk AS, Kanada akan keluar, Kongres tidak boleh mengganggu negosiasi ini atau saya akan menghentikan NAFTA sepenuhnya,” ujar Trump dalam Twitter pribadinya seperti yang dilansir Reuters, Ahad (2/9).

Pada Jumat lalu, Trump menyampaikan keinginannya kepada Kongres untuk menandatangani kesepakatan bilateral dengan Meksiko. Hal ini dinyatakan setelah perundingan kontroversial dengan Kanada berakhir tanpa kesepakatan.

Sementara itu, anggota parlemen memperingatkan bahwa kesepakatan dengan Meksiko akan sulit mendapatkan persetujuan dari Kongres. Kecuali, Kanada juga diikutsertakan sebagai anggota NAFTA. Dukungan dari Demokrat akan diperlukan untuk menyelesaikan kesepakatan bilateral tersebut.

Adapun Trump juga mengancam akan mengenakan tarif mobil buatan Kanada. Hal ini menyusul adanya ketegangan antara Kanada dan AS dalam proses negosiasi NAFTA.

baca: Trump Ancam Mundur dari WTO

Dalam minggu yang sama, Trump juga mengancam akan keluar dari Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). (wol/republika)

Check Also

Khamenei Sebut Trump Menjatuhkan Wibawa AS

TEHERAN, Waspada.co.id – Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengatakan bahwa Presiden Donald Trump telah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: