Breaking News
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Kerukunan Umat Beragama di Indonesia Diklaim Terbaik di Dunia
foto: Okezone
foto: Okezone

Kerukunan Umat Beragama di Indonesia Diklaim Terbaik di Dunia

agregasi
agregasi

 

LEBAK – Kerukunan umat beragama di Indonesia terbaik di dunia karena belum pernah terjadi perpecahan maupun tindakan kekerasan antaragama. Muslim sebagai warga beragama mayoritas selalu melindungi semua agama dan hidup berdampingan dengan umat lain.

“Kita umat Muslim melindungi semua agama dan hidup saling berdampingan,” kata Ketua II Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Banten KH Mas’ud saat menggelar doa bersama untuk Muslim Rohingya di Masjid Al Araf Rangkasbitung, Lebak, Rabu (20/9/2017).

Selama ini, katanya, umat Muslim sangat taat dan patuh melaksanakan perintah dengan tidak melakukan pelanggaran hak azasi manusia (HAM).

Indonesia sebagai negara Bhinneka Tunggal Ika dengan keanekaragaman perbedaan suku, agama, adat, budaya dan bahasa, namun perbedaan itu menjadikan kekuatan untuk persatuan dan kesatuan. Kerukunan umat beragama di Indonesia hingga saat ini kondusif baik masyarakat yang tinggal di pedesaan hingga perkotaan.

Menurut dia, agama Islam sangat terbuka terhadap perbedaan itu juga melindungi umat agama lain yang minoritas.

Kerukunan dan kedamaian antaragama merupakan kewajiban ajaran Islam yang harus dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi, lanjut Mas’ud, agama Islam lahir ke dunia sebagai agama “Rahmatan lil alamin” atau agama yang penuh kasih sayang tanpa kekerasan.

Selain itu juga Islam sangat toleransi antaragama dalam kehidupan di masyarakat sebagaimana ayat Alquran “Lakum dinukum waliyadiin”.

Karena itu, pihaknya prihatin melihat tragedi kemanusian yang dialami umat Muslim Rohingya di Myanmar. Mereka mendapat perlakuan kekerasan hingga pembunuhan yang dilakukan militer Myanmar.

Saat ini ribuan umat Muslim Rohingya terpaksa tinggal di pengungsian ke negara tetangga untuk menyelamatkan diri dari kekejaman tentara Myanmar itu.

Mereka umat Islam Rohingya memerlukan bantuan-bantuan kemanusian yang tinggal di pengungsian di negara Bangladesh.

Semestinya, kata dia, pemerintah Myanmar melindungi umat Muslim Rohingnya dan tidak membiarkan terjadi kekerasan dan pembunuhan.

Selain itu juga pemerintah Myanmar harus mengakui sebagai kewargaan negaran Myanmar karena mereka tinggal di Provinsi Rakhine sudah turun temurun.

“Kami melihat kekejaman pemerintah Myanmar terhadap Muslim Rohingya tentu melanggar HAM dan perlu diseret ke Mahkamah Internasional,” katanya.

Ia juga mengatakan selama ini kerukunan umat beragama berjalan baik, bahkan belum pernah terjadi perpecahan maupun tindakan kekerasan.

Masyarakat Provinsi Banten cukup relegius dengan agama Islam sehingga lebih mengedepankan kedamaian dan silatuhrahmi untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Apabila ada perbedaan maupun permasalahan bisa ditangani dengan dialog yang melibatkan tokoh agama, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan pemerintah daerah.

Karena itu kerukunan umat beragama di Tanah Air berjalan dengan baik dan damai. “Kami terus meningkatkan kualitas kerukunan dan kedamaian guna mendukung percepatan pembangunan dan kesejahteraan umat beragama,” katanya.

Check Also

Presiden Jokowi

“Islam Masuk ke Indonesia Secara Damai”

JAKARTA, WOL – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku selalu mendengar sejumlah pandangan dari para pemimpin ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.