Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Kerugian Akibat Gempa Lombok Ditaksir Mencapai Rp8,8 T
Warga melintas di antara reruntuhan bangunan imbas gempa di Lombok. (Foto: Antara/Ahmad Subaidi)

Kerugian Akibat Gempa Lombok Ditaksir Mencapai Rp8,8 T

JAKARTA, Waspada.co.id – Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB memperkirakan, total kerugian pasca gempa yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, mencapai Rp8,8 triliun.

Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB Harmensyah mengatakan, jumlah tersebut masih sebatas jumlah perkiraan sementara total kerugian. Sebab, pendataan jumlah kerugian yang dihitung saat ini belum sepenuhnya selesai diverifikasi.

“Untuk sementara memperoleh nilai Rp8,8 triliun untuk kerusakan dan kerugian. Tapi nanti kita akan tentukan lagi nilai kebutuhannya berapa sehingga kita bisa bangun dari sektor-sektor yang rusak. Ini perlu betul kita lakukan,” ujarnya dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9 di Kementerian Komunikasi, Jakarta, Senin 27 Agustus 2018.

Angka kerugian tersebut termasuk memperhitungkan aspek-aspek terkecil, mulai dari gangguan akses hingga tidak berfungsinya sejumlah fasilitas, tidak hanya sebatas kerugian fisik seperti kerusakan infrastruktur saja.

Karena itu, Harmensyah mengatakan, kebutuhan pembiayaan penanganan pasca gempa Lombok tidak akan lebih besar dibandingkan estimasi kerugian yang telah dihitung.

“Jadi kebutuhan pasca gempa Rp5 triliun, karena ada gangguan akses dan lain-lain kita hitung, jadi bukan fisik saja. Tapi juga gangguan akses dan fungsi sehingga kecenderungannya kebutuhan lebih kecil dari dampak kerugian,” ujarnya memaparkan.

Selain itu, untuk pemulihan sarana prasarana pasca gempa Lombok, Harmensyah mengatakan, pihaknya akan segera merampungkan hingga Desember 2018 sesuai dengan instruksi presiden atau inpres. Namun, bila rekonstruksi tersebut tidak rampung, dia akan memperpanjang target penyelesaian hingga Maret 2019.

“Desember tidak selesai maka akan diperpanjang hingga Maret 2019. Tapi kita harapkan di 2019 semua selesai dan sisanya di 2020 akan selesai pemulihannya dengan baik.” (cnnindonesia/ags/data1)

Check Also

Penggunaan Dana Bantuan Gempa Lombok Akan Dipantau

JAKARTA, Waspada.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan bantuan untuk para korban gempa Lombok, NTB ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: