Breaking News
Home / Warta / Politik / Keren! Perjalanan Diplomasi Menlu Retno Demi Krisis Rohingya di Myanmar
Rapat Menlu dengan Komisi I. (Harits TA/Okezone)
Rapat Menlu dengan Komisi I. (Harits TA/Okezone)

Keren! Perjalanan Diplomasi Menlu Retno Demi Krisis Rohingya di Myanmar

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi mengatakan bahwa Myanmar telah mengizinkan pembukaan jalur bantuan menuju Rakhine State.

“Mengenai akses bantuan kemanusiaan, Myanmar akan membuka jalur bantuan kemanusiaan. Indonesia juga meminta ASEAN dilibatkan dan berpartisipasi dalam penyaluran bantuan,” ungkap Retno di ruang rapat komisi I DPR, Senayan, Jakarta, Senin (11/9/2017).

Retno menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan upaya diplomasi dengan beberap pihak penting di Myanmar maupun Bangladesh. Seperti dengan Aung San Suu Kyi, Jenderal Senior U Min Aung Hlaing dan petinggi militer Myanmar lainnya.

Tak hanya itu, Retno juga membeberkan bahwa bertemu dan melakukan komunikasi dengan Menteri Luar Negeri, Perdana Menteri Bangladesh, Menlu Turki dan juga Sekjen PBB.

“Kami lakukan pertemuan dengan Perdana Menteri dan Menlu Bangladesh. Lalu juga melakukan komunikasi dengan Koffi Anan, Menlu Turki dan Sekjen PBB mereka mendukung gerak cepat Indonesia terhadap Rohingya ini,” jelas Retno.

Selain itu, lanjut Retno, kita juga menjalin komunikasi dengan pihak lainnya seperti dengan Menlu Belanda, Menlu Iran, Menlu Inggris, Menlu Australia untuk krisis kemanusian di Rakhine State yang menimpa masyarakat Rohingya ini.

Seperti diketahui, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menjelaskan bahwa pemerintah akan terus berupaya mengakhiri krisis kemanusian yang menimpa Rohingya di Myanmar.

Pratikno juga mengatakan, Presiden Jokowi telah mengutus Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk langsung menuju ke Myanmar. Menurutnya, Presiden Jokowi lebih mempunyai sikap dalam menangani permasalahan kemanusian ini dengan sebuah aksi nyata.

Check Also

foto : istimewa

BNN Amankan 133 Kg Sabu dan 42.500 Ekstasi di Lhokseumawe

LHOKSEUMAWE, WOL – Setelah berhasil menggagalkan penyelundupan sejumlah 40 Kg sabu oleh Badan Narkotika Nasional ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.