Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Kemiskinan di Indonesia Bisa Diselamatkan oleh Dana Desa
Ilustrasi

Kemiskinan di Indonesia Bisa Diselamatkan oleh Dana Desa

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Pemerintah pada tahun ini telah menganggarkan dana desa sebesar Rp 46,98 triliun dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2016. Kucuran dana desa ini diharapkan mampu untuk membangun berbagai proyek infrastruktur pada berbagai sektor.

Namun, kucuran dana infrastruktur ini diharapkan tak hanya dapat berdampak pada pesatnya pembangunan infrastruktur di daerah. Ekonom Samuel Asset Management Lana Soelistianingsih menuturkan, dana desa ini juga dapat dimanfaatkan untuk menekan angka kemiskinan di Indonesia.

“Kalau bangun infrastruktur memang ada dampaknya bagi penekanan angka kemiskinan ada, tapi enggak besar. Jadi yang paling penting itu bagaimana nanti dana desa ini mampu untuk menciptakan lapangan kerja di desa-desa sehingga mampu menekan angka kemiskinan dalam jangka panjang,” tuturnya kepada Okezone, Minggu (23/10/2016).

Hanya saja, selama ini dana desa belum dimanfaatkan secara optimal oleh pemerintah daerah. Padahal, dana ini mutlak harus digunakan untuk mendorong sektor produktif agar mampu menekan angka pengangguran pada setiap daerah di Indonesia.

“Tapi dana desa belum banyak dimanfaatkan. Padahal dana ini perlu digunakan seperti untuk membangun infrastruktur dan lapangan pekerjaan. Kalau infrastruktur dibangun kan bisa meningkatkan akses untuk mendorong pertumbuhan bisnis juga sehingga bisa tekan angka kemiskinan,” imbuhnya.

Untuk itu, pemerintah daerah perlu segera memanfaatkan dana desa pada pembangunan yang akan berdampak pada peningkatan lapangan pekejaan. Dengan begitu, maka angka kemiskinan yang tercatat mencapai 10,86 persen dari total penduduk Indonesia bisa ditekan.

“Yang terpenting adalah bagaimana dapat meningkatkan lapangan pekerjaan,” tutupnya.

Seperti diketahui, pemerintah telah mengucurkan dana desa pada tahap pertama pada Maret 2016 lalu sebesar 60 persen dari total anggaran sebesar Rp 46,98 triliun. Saat ini, tengah melakukan pencairan dana desa tahap 2. Ditargetkan, pemerintah akan menyalurkan dana desa kepada 74.954 desa pada seluruh daerah di Indonesia.

Check Also

Menko PMK: 2019, Alokasi Dana Desa Naik Jadi Rp73 Triliun

  MEDAN – Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Menteri Koordinator Bidang Pembangunan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: