Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Kemenperin Usul Gas Industri Untuk Sumut USD8,9 per MMBTU
Ilustrasi

Kemenperin Usul Gas Industri Untuk Sumut USD8,9 per MMBTU

JAKARTA, WOL – Kebutuhan energy khususnya gas bumi  sebagai sumber energy digunakan sebagai bahan baku/energi bagi pengembangan industri manufaktur terutama di luar Jawa.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menegaskan agar sumber daya energi tidak lagi hanya dijadikan komoditas ekspor, melainkan lebih sebagai modal pembangunan nasional. Konsekuensinya, peran energi sebagai penghasil devisa ekspor lambat laun akan semakin dikurangi dan sebaliknya sumber energy sebagai bahan baku industry.

Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin, mengungkapkan,  untuk   energy sektor  gas bumi, industri masih membutuhkan pasokan dengan harga yang bersaing untuk bahan baku atau feedstock industri pupuk dan petrokimia serta untuk energi dalam proses produksi.

“Untuk memenuhi kebutuhan gas industri, telah disampaikan usulan harga untuk Jawa Barat dan Jawa Timur sebesar USD7,18 per MMBTU, Sumatera Utara sebesar USD8,9 per MMBTU, dan harga gas untuk industri pupuk di Teluk Bintuni diusulkan maksimal USD5 per MMBTU,” paparnya.

Saleh mengungkapkan usulan itu telah tertuang dalam surat Menteri Perindustrian Nomor 524 Tanggal 17 November 2015 kepada Menteri ESDM tentang Usulan Harga Gas Bumi sebagai Bahan Baku dan Energi bagi Industri.(hls/data1)

Check Also

Bolu Meranti Medan Beralih ke Energi Gas Bumi PGN

MEDAN, Waspada.co.id – PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk kembali mewujudkan komitmennya untuk memperluas pemanfaatan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: