Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Kemenkeu: Usulan Kenaikan Biaya STNK Cs Diajukan Polri sejak 2015
hukumonline.com

Kemenkeu: Usulan Kenaikan Biaya STNK Cs Diajukan Polri sejak 2015

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Pemerintah memutuskan untuk menaikan tarif urus surat-surat kendaraan. Kementerian Keuangan menyebut, usulan tersebut diajukan oleh Kepolisian Republik Indonesia.

Direktur Jenderal Kementerian Keuangan Askolani mengakui, usulan kenaikan tarif urus surat kendaraan itu diberikan sejak tahun 2015 lalu.

“Kenaikan PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) diajukan oleh Kapolri September tahun 2015,” kata Askolani di Kantor Staf Kepresidenan, Jumat (6/1/2017).

Dia menjelaskan, setelah mendapatkan usulan tersebut, Kemenkeu melakukan pembahasan dengan kementerian dan lembaga terkait. Usulan tersebut juga telah didiskusikan dengan Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.

“Ini mekanisme pemerintah, dalam menyelesaikan penetapan PP (Peraturan Pemerintah) PNBP 2016,” sebutnya.

Dirinya membenarkan, kenaikan tarif urus surat kendaraan dimasukkan ke dalam target PNBP yang dipatok dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2017 sebesar Rp250 triliun. Jumlah ini naik dari target dalam APBN Perubahan sebesar Rp245,08 triliun.

Sekadar informasi, pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016. Beleid tersebut mengatur tentang Jenis dan tarif atas penerimaan negara bukan pajak yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia pada tanggal 6 Desember 2016.

PP 60 tahun 2016 ini menggantikan PP Nomor 50 Tahun 2010 dan mulai berlaku setelah 30 (tiga puluh) hari terhitung sejak tanggal diundangkan atau tanggal 6 Januari 2017. Dengan berlakunya PP 60/2016 ini, terdapat penambahan jenis PNBP yang mulai berlaku seperti tarif Pengesahan STNK, Penerbitan Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor Pilihan, STRP & TNRP (lintas batas) dan Penerbitan SIM golongan C1 dan C2.

Check Also

Pasca Idul Adha, Pedagang Bumbu Kebanjiran Pesanan

MEDAN, Waspada.co.id – Pasca Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriyah sejumlah pedagang bumbu giling mengaku ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: