Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Kemenkeu: SBR 004 Diprediksi Capai Rp2 Triliun

Kemenkeu: SBR 004 Diprediksi Capai Rp2 Triliun

MEDAN,  Waspada.co.id – Kementerian Keuangan optimistis saving bond ritel (SBR) 004 diminati investor sehingga bisa meraup pendanaan di atas Rp2 triliun.

“Target sih memang Rp1 triliun, tetapi diyakini SBR 004 bisa meraup dua kali lipat atau di atas realisasi SBR 003 yang sebesar Rp1,9 triliun,” tutur Kasubdit Analisis Keuangan dan Pasar Surat Utang Negara Kementerian Keuangan, Suharianto di Medan, Sabtu (11/8).

Keoptimisan bisa meraup dana dari pembelian SBR 004 itu mengacu pada antusiasnya investor pada SBR 003.

“Banyak investor yang belum bisa membeli SBR 003 karena masa penawaran yang singkat di tengah penggunaan pembelian dengan sistim online,” jelasnya.

Kalau penawaran SBR 003 hanya dua minggu, maka di SBR 004 lebih lama atau sekitar 3 minggu yakni 20 Agustus hingga 13 September.

“Calon investor yang belum memiliki SBR 003 diyakini akan membeli SBR 004. Melihat animo masyarakat terhadap SBR semakin tinggi dan kebutuhan dana pemerintah, maka pemerintah akan menerbitkan SBR beberapa kali dalam satu tahun,” ungkapnya.

Tahun 2018 misalnya, setelah SBR 003 diterbitkan Mei 2018, maka SBR 004 pada Agustus,” ungkapnya.

Pemerintah memang berkeinginan meningkatkan dan memperdalam pasar SBN domestik di saat situasi global yang masih belum stabil.

“Berharap pembiayaan bisa dipenuhi dari dana domestik. Jumlah kalangan muda di Indonesia yang semakin banyak diharapkan juga menumbuhkan lebih banyak investor di suku ritel,” pungkasnya. (wol/eko/eli)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Pelumas Shell Lubricants Khusus Skutik Seser Pasar Medan

MEDAN, Waspada.co.id –Penuhi kebutuhan pasar otomotif di Medan, Shell Lubricants Indonesia pasarkan pelumas khusus untuk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: