_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Kemenhan: Bela Negara Tumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air
Ilustrasi (dok. Okezone)

Kemenhan: Bela Negara Tumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Kementerian Pertahanan (Kemenhan) akan mencoba memandu manajer dan karyawan MNC Group untuk lebih mencintai tanah air melalui program Bela Negara.

Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat) Kemenhan, Mayjen TNI Hartind Asrin di depan ribuan manajer perusahaan se-MNC Group menyampaikan pentingnya program Bela Negara untuk diikuti seluruh lapisan masyarakat termasuk kalangan profesional.

“MNC Group termasuk MNC Media sebagai stasiun TV berita, TV nasional juga sudah harusnya ikut bela negara,” ujar Hartind di Auditorium MNC Tower, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (17/5/2016).

Hartind memaparkan dasar-dasar program Bela Negara yang akan diterapkan kepada setiap masyarakat, khususnya para pimpinan perusahaan dan karyawan di MNC Group.

(Baca Juga: Kemenhan Ajak MNC Group Ikut Bela Negara)

Pertama, yakni para peserta Bela Negara akan diajak untuk lebih mencintai tanah airnya, dan bangga untuk menjadi bangsa Indonesia. Kedua, lanjut Hartind Bela Negara akan membimbing pesertanya untuk rela berkorban demi bangsa dan negara.

“Untuk kepentingan negara dia harus lebih aware. Harus sadar berbangsa bernegara. Jadi seluruh pegawainya harus taat hukum. Hukum positif, hukum agama, hukum adat. Juga harus yakin Pancasila ideologi megara, enggak ada lagi ideologi lain selain Pancasila,” jelas Hartind.

Dan yang terakhir menurut Hartind adalah mempunyai kemampuan awal untuk mengikuti Bela Negara, baik itu kemampuan secara fisik maupun non fisik. “Seluruh pegawai MNC harus sehat lah, masa mau kerja sakit-sakitan, kan enggak boleh. Kedua non fisik, sepeti agama, yang Islam ya taat solat, Kristen dan Katolik ke gereja, pun agama-agama lainnya,” ucap Hartind.

Hartind berharap melalui program bela negara ini dapat meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme para manajer dan karyawam MNC Group dalam membela negara.

Menurut Hartind, program bela negara ini juga akan ditekankan pentingnya menumbuhkan sikap dan perilaku cinta tanah air. Hal ini, lanjut Hartind sesuai dengan definisi Bela Negara yakni sikap dan perilaku warga negara Indonesia yang dijiwai cinta tanah air berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin keberlangsungan hidup berbangsa dan bernegara.

“Kata kuncinya sikap dan perilaku, bagaimana sikap dan perilaku teman-teman di MNC ini dalam mencintai negara, juga sebagai bangsa yang produktif,” tutup Hartind.

Check Also

Cak Imin Bantah Minta Restu Jadi Ketua MPR ke JK

  JAKARTA – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin membantah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.