_
Home / Warta / Politik / Kemendagri Tak Yakin Perekaman e-KTP Rampung Sebelum Pemilu
Ilustrasi

Kemendagri Tak Yakin Perekaman e-KTP Rampung Sebelum Pemilu

JAKARTA, Waspada.co.id – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagi) pesimis perekaman data kependudukan bagi masyarakat yang belum memiliki e-KTP rampung sebelum Pemilu 2019. Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Zudan Arif Fakhrulloh mengatakan animo masyarakat membuat e-KTP saat sosialisasi masih sedikit.

“Saya kok tidak optimis bisa selesai. Karena setiap kali jemput bola itu sedikit masyarakat yang datang saat kita melakukan perekaman dan yang datang ke Dinas Dukcapil pun sedikit sehari tinggal 30, 50 orang. Di kecamatan kadang-kadang hanya dua orang,” kata Zudan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/3).

Zudan menjelaskan, saat ini jumlah masyarakat yang belum memiliki e-KTP terbilang besar. Setidaknya ada empat juta warga yang belum memiliki e-KTP.

“Sekarang itu dari empat juta dua juta ada di Papua dan Papua Barat itu yang paling besar yang belum melakukan perekaman kalau yang lain relatif kecil angkanya,” ungkapnya.

Sampai saat ini, pihaknya telah melakukan usaha yang terbaik untuk jemput bola ke masyarakat untuk membuat e-KTP. Karena itu, Zudan berharap mayarakat bisa lebih proaktif untuk membuat e-KTP.

“Kami menunggu juga peran lebih proaktif dari masyarakat yang belum melakukan perekaman yang belum melakukan perekaman. Karena ini menjadi salah satu faktor penting untuk bisa melakukan proses pencoblosan tanggal 17 April,” ucapnya.

Tambahnya, blanko e-KTP juga sudah banyak tersedia di Dukcapil masing-masing. Kemendagri sudah menyediakan 16 juta keping blanko e-KTP.

“Blanko banyak saat ini ada 16 juta keping blanko delapan juta sudah didistribusi. Jadi tidak ada lagi isu kekosongan blanko dan sekarang sudah selesai kurang lebih 350 kabupaten kota yang sudah tuntas percetakannya,” tandas Zudan. (merdeka/ags/data1)

适适

Check Also

Sempurnakan Regulasi Pilkada 2020, Kemendagri Jaring Aspirasi Masyarakat

SURABAYA – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menjaring aspirasi dari masyarakat dan para pakar yang ada ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.