_
Home / Warta / Politik / Kemenag Siap Jelaskan soal Polemik Rekomendasi 200 Mubalig ke DPR
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (foto: Antara)

Kemenag Siap Jelaskan soal Polemik Rekomendasi 200 Mubalig ke DPR

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) sedang menjadi sorotan terkait kebijakannya mengeluarkan nama 200 mubalig yang dinilai pantas mengisi tausiah di masjid-masjid instansi pemeritah. DPR menilai sikap Kemenag itu dapat memecah belah bangsa lantaran megkubu-kubukan barisan para ustaz.

Direktur Penerangan Agama Islam, Kemenag Khoiruddin mengatakan, pihaknya akan menjelaskan kepada teman-teman legislatif agar mereka paham bahwa tujuan Kemenag itu tak seperti yang selama ini disangkakan. Pihaknya memiliki niat baik untuk memberikan data kepada masyarakat agar memudahkan mereka dalam memilih ustaz.

“Ya pastilah kalau diminta dipanghil DPR kita akan menjelaskan seizin menteri agama (Lukman Hakim Saifuddin),” kata Khoiruddin saat dihubungi Okezone, Selasa (22/5/2018).

Menurutnya, tak ada yang perlu dipusingkan dari nama 200 mubalig itu. Sebab, itu hanya sebuah data, terlebih pihaknya sudah memiliki data itu sejak dua tahun yang lalu. Namun, kini baru diumumkan dan akhirnya menimbulkan perdebatan di tengah masyarakat.

“Karena ini hanya sebatas data saja enggak ada yang rumit. Bertahun-tahun saya punya data ini,” jelasnya.

Sebelumnya, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta Komisi VIII memanggil Kementerian Agama (Kemenag) untuk meminta penjelasannya terkait dengan dikeluarkannya 200 daftar nama mubalig atau penceramah yang direkomendasikan untuk mengisi tausiah oleh instansi pemerintah hingga lembaga pendidikan.

Lukman Hakim Saifuddin Ikut Bahas Evaluasi Pelaksanaan APBN Kemenag

Terbitnya daftar 200 nama nubalig kini menimbulkan pro dan kontra di masyarakat. Beberapa kalangan menilai hal ini bisa menjadi polemik terbaru yang dihadapi pemerintah saat ini, bahkan, sebagian ada yang menyatakan daftar itu bisa berpotensi memecah belah umat.

“Untuk itu saya mendorong Kementerian Agama dan komisi terkait mengadakan rapat meminta penjelasan Kementerian Agama dan menjelaskan ke publik agar tidak ada lagi keresahan di antara para ulama-ulama kita,” kata pria yang akrab disapa Bamsoet itu di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, kemarin.

Check Also

Kabar Duka: Ibunda Ustadz Abdul Somad Berpulang

JAKARTA, Waspada.co.id – Innalillahi wa inna ilahi raajiun. Kabar duka datang dari keluarga mubaligh nasional, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.