Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Kembangkan Ekonomi Syariah, BI Dukung Sentral Suriname
Ilustrasi

Kembangkan Ekonomi Syariah, BI Dukung Sentral Suriname

JAKARTA, Waspada.co.id – Bank Indonesia memberikan dukungan capacity building terkait ekonomi dan keuangan syariah untuk Bank Sentral Suriname atau Centrale Bank Van Suriname.

Hal ini disampaikan, Deputi Gubernur BI, Rosmaya Hadi bahwa BI akan memberikan dukungan teknis pada topik kebijakan moneter, statistik makroprudensial dan moneter. Kemudian bank sentral juga akan memberikan dukungan berupa likuiditas syariah jangka pendek dan instrumen lainnya.

“BI juga akan memberikan dukungan dalam bidang pembelajaran, sebagai anggota negara-negara South East Asian Central Banks (SEACEN). Program BI saat ini adalah berkontribusi dalam meningkatkan kapasitas sumber dya manusia Bank Sentral di negara Kamboja, Myanmar, Laos dan Vietnam,” tuturnya.

Permintaan capacity building dari Suriname ini disambut baik BI, karena sejalan dengan komitmen untuk meningkatkan ekonomi dan keuangan syariah, tak hanya di Indonesia tapi juga di dunia.

“Pemberian dukungan teknis dalam bentuk pembelajaran merupakan salah satu bentuk koordinasi yang dapat dilakukan antarnegara, dalam hal ini antar bank sentral. Seperti terus ditekankan dalam rangkaian Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018, koordinasi dan kerja sama antarnegara merupakan kunci menghadapi berbagai tantangan global saat ini,” kata Rosmaya di Nusa Dua, Bali, Jumat (12/10).

“Selain itu dukungan capacity building akan diberikan berupa partisipasi/keikutsertaan dalam program lokakarya/seminar internasional, kunjungan studi ke BI, serta knowledge sharing dalam bentuk video conference. Demikian disepakati oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia, Rosmaya Hadi, dan Gubernur Bank Sentral Suriname, Glenn H. Gersie. Pertemuan dilaksanakan hari ini (12/10) dalam rangkaian Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018,” pungkasnya.(detik/wol/data1)

Check Also

IHSG Ditutup Menguat Pada Level 5.893

MEDAN, Waspada.co.id – Perdagangan Bursa Saham Asia hari ini bergerak melemah setelah pada perdagangan sebelumnya ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: