_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Kekhawatiran KPK Soal Independensi Staf KPK Jika Jadi ASN
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Laode M Syarif. (foto: suara)

Kekhawatiran KPK Soal Independensi Staf KPK Jika Jadi ASN

JAKARTA, Waspada.co.id – Wakil Ketua KPK Laode M Syarif mengaku khawatir dengan independensi insan KPK setelah revisi UU KPK disahkan DPR.

Nantinya, status kepegawaian KPK akan masuk dalam kategori Aparatur Sipil Negara (ASN). Laode takut, dengan status pegawai KPK yang ASN, justru melunturkan sikap independensi dalam rangka pemberantasan korupsi.

“KPK tidak alergi untuk status kepegawaiannya tetapi salah satu ciri dari lembaga independen itu adalah kemandirian dari segi SDM dan itu bukan kata-kata saya tapi itu adalah kata-kata didalam jakarta statement on Principles of anti corruption agency yang biasa sebut Jakarta Principles,” kata Laode di Markas KPK, Kamis (19/9).

Laode yakin, jika pegawai KPK berstatus independen, maka pemberantasan korupsi akan lebih kuat dan tidak terbentur potensi kepentingan.

“Kalau dia independen maka dia lebih kuat seperti itu. Jadi ini bukan kata-kata saya dan ini sayang sekali karena Jakarta Principles ini telah diikuti oleh banyak negara di dunia,” ungkapnya.

Jika nantinya status pegawai KPK tak lagi independen, Laode berharap proses seleksi pegawai tetap menjadi kewenangan KPK.

“Kalaupun ini tidak bisa terelakkan harus dikonversi kedalam aparatur sipil negara maka kita berharap bahwa proses rekrutmen, training, promosi, mutasi, demosi harus tetap didalam kontrol KPK,” bebernya.

DPR dan Pemerintah sepakat mengesahkan Undang-Undang tentang perubahan UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Salah satu perubahan dalam UU KPK tersebut mengatur tentang status kepegawaian KPK.

Pasal 24 UU KPK, pegawai KPK merupakan anggota Korps Profesi Pegawai ASN sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. (inilah/ags/data1)

Check Also

Tiga Alasan Perppu KPK Bisa Diterbitkan

JAKARTA, Waspada.co.id – Terbit tidaknya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) menjadi polemik. Di satu sisi, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.