Newsticker
WOL / Warta / Politik / Kata Nusron, Jokowi Setuju Soal Syarat Tabungan Rp25 Juta Untuk Paspor
Ilustrasi. (dok.Okezone)
Ilustrasi. (dok.Okezone)

Kata Nusron, Jokowi Setuju Soal Syarat Tabungan Rp25 Juta Untuk Paspor

JAKARTA, WOL – Kepala BNP2TKI, Nusron Wahid mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan dukungannya terkait syarat pembuatan paspor baru yang mewajibkan memiliki tabungan Rp25 juta.

Dukungan Jokowi terkait kebijakan ini dinilai baik bila mampu mengendalikan pengiriman TKI ilegal ke luar negeri.

“Bagus. Kalau itu bisa mengendalikan setuju lah, Presiden. Kami juga mendukung penuh kebijakan Dirjen Imigrasi Kemenkumham. Selama ini kami merasa kesulitan mencegah masyarakat yang akan menjadi TKI ilegal,” ujar Nusron di area Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (20/3).

Ia menjelaskan, pembuatan paspor baru ini ialah syarat kepemilikan tabungan minimal Rp25 juta ini diberlakukan bagi WNI yang dicurigai saat akan mengurus paspor.

“Banyak yang mengaku sebagai turis tapi disalahgunakan untuk TKI ilegal dan tidak sesuai prosedur,” ucapnya.

Nusron menuturkan, dalam waktu terdapat mencapai seribu WNI yang menjadi TKI ilegal dan menjadi korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO).

“Pemerintah masih memberlakukan moratorium pengiriman TKI ke-21 negara di Timur Tengah. Maka, kami mendukung sikapnya atau keputusan dan kebijakannya ditjen imigrasi yang meminta deposit Rp 25 juta bagi WNI yang mau urus paspor tapi dicurigai yang sesungguhnya adalah mereka mengurus paspor untuk TKI,” tandasnya.

Sebelumnya, Ditjen Imigrasi Kemenkum HAM pagi ini telah membatalkan persyaratan kepemilikan tabungan Rp25 juta bagi pemohon paspor baru.

Alasan pembatalan persyaratan ini dilakukan setelah adanya sikap keberatan dari masyarakat yang ingin membuat paspor.

“Alasan menghilangkan Rp25 juta dikarenakan analisa pantauan kami melalui media intelijen, analisis kami melihat masyarakat maupun media cenderung belum bisa menerima kebijakan ini dengan baik,” kata Agung di kantor Ditjen Imigrasi Kemenkum. (inilah/ags/data2)

Baca Juga

Istimewa

Inilah Pihak yang Harus Menyiapkan Syarat Tabungan Rp 25 Juta Untuk Urus Paspor

JAKARTA,WOL – Kebijakan berupa syarat tabungan Rp 25 juta bagi pemohon paspor baru yang mulai ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.