Breaking News
Home / Warta / Politik / Kasusnya Dilimpahkan ke Pengadilan, Fredrich: Kondisi Setya Novanto Makin Stres
Fredrich Yunadi, pengacara Setya Novanto (Arie/Okezone)
Fredrich Yunadi, pengacara Setya Novanto (Arie/Okezone)

Kasusnya Dilimpahkan ke Pengadilan, Fredrich: Kondisi Setya Novanto Makin Stres

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – KPK sudah melimpahkan berkas kasus korupsi proyek e-KTP dengan tersangka Setya Novanto ke Pengadilan Tipikor Jakarta. lalu, bagaimana kondisi Ketua DPR RI non aktif itu sekarang?

“Kondisi saat ini ya makin stres,” kata kuasa hukum Setya Novanto, Fredrich Yunadi saat ditemui usai menghadiri syuting sebuah program talk show di Studio iNewsTV di Gedung MNC News Center, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (6/12/2017).

Tapi, Fredrich mengatakan bahwa kliennya akan tetap mengikuti proses hukum, meski dirinya mengakui Setya Novanto kecewa karena kasusnya dinilai politis.

“Ya beliau (Setya Novanto) serahkan kepada bagaimana hukum itu berjalan yang sebenarnya. Ya beliau juga kecewa politik kok begini mainnya, mainnya kotor,” ujar Fredrich.

Setya Novanto kini masih ditahan KPK setelah ditetapkan lagi sebagai tersangka kasus e-KTP. Dia sudah mengajukan gugatan praperadilan melawan KPK.

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Kamis 9 Desember besok akan melanjutkan sidang gugatan praperadilan yang diajukan Setya Novanto terhadap KPK. Sidang praperadilan sempat ditunda karena KPK tak hadir.

Fredrich Yunadi berharap besok tim KPK bisa hadir ke sidang, jika pun absen menurutnya sidang tetap bisa dilanjutkan. Pihaknya sudah siap menghadapi KPK di pengadilan.

“Persiapan kita matang. Jadi kita akan minta hakim tetap melakukan sidang, apapun alasan mereka (KPK) enggak datang harus dilanjutkan tidak ada alasan ditunda lagi,” ujar Fredrich.

Dia optimis bisa memenangkan praperadilan, sehingga tak menyiapkan strategi khusus menghadapi KPK. “Tidak ada strategi apapun, kita hanya sesuai pada hukum acara saja,” tukasnya.

Sementara itu, Jaksa KPK menyatakan berkas kasus e-KTP Setya Novanto sudah lengkap dan hari ini dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Jakarta. Surat dakwaan juga diserahkan ke pengadilan.

Setya Novanto dijadikan tersangka karena diduga melakukan korupsi bersama lima orang lainnya, yaitu Anang Sugiana Sudiharjo, Andi Agustinus, Andi Narogong, Irman, dan Sugiharto di proyek e-KTP yang merugikan negara Rp2,3 triliun.

Atas perbuatannya, S‎etya Novanto disangkakan melanggar pasal 2 ayat (1) subsider Pasal 3 Undang-Undang Republik Inonesia Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang pemberantasan Tipikor Juncto pasal 55 ayat (1) ke-1‎ KUHP‎.

Check Also

Ketua Kosgoro 1957 Agung Laksono. Foto Okezone/Reni Lestari

Agung Laksono: Ketua DPR Ditentukan Oleh Ketum

JAKARTA, WOL – Ketua Dewan Pakar DPP Partai Golkar, Agung Laksono mengatakan bahwa calon terkuat ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.