Home / Warta / Politik / Kasus Viktor Laiskodat, Polri Tunggu Hasil Sidang MKD DPR RI
Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto (Okezone)
Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto (Okezone)

Kasus Viktor Laiskodat, Polri Tunggu Hasil Sidang MKD DPR RI

JAKARTA, WOL – Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto menegaskan kasus ujaran kebencian yang diduga dilakukan Politikus NasDem, Viktor Laiskodat masih harus menunggu keputusan MKD DPR.

Jika hak imunitas itu tak melekat pada diri Viktor maka Polri akan langsung memproses secara hukum.

“Harus ada keputusan yang memutuskan bahwa pernyataan (Viktor) itu disampaikan pada saat ia melakukan tugas ke-DPR-an atau bukan,” kata Setyo di Mabes Polri Jakarta Selatan, Rabu (6/12).

Setyo tetap bersikeras bahwa Polri belum bisa melanjutkan proses hukum terhadap Viktor lantaran ada hak Imunitas pada diri politikus NasDem itu. Dia meminta semua pihak untuk bersabar menunggu hasil sidang yang dilakukan MKD DPR terhadap Viktor.

“Yang menentukan ini melakukan yang di NTT itu apakah dalam konteks melaksanakan tugas atau tidak, itu MKD,” ujar Setyo.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyebut ada dua kendala yang dialami penyidik Bareskrim Polri untuk mengusut kasus Viktor. Kendala bahasa yang diucapkan oleh Viktor membuat penyidik harus menggali keterangan dari saksi ahli bahasa.

“Persoalan kedua (adalah) masalah hukum karena ada UU MD3 pasal 224 ayat 1 yang menjelaskan setiap anggota DPR memiliki hak imunitas. Dia bebas dari dugaan tuduhan hukum, proses hukum, sepanjang dia menyampaikan pendapat atau pandangannya dalam tugasnya sebagai anggota DPR di sidang atau di luar sidang,” ujar Tito di gedung Rupatama Mabes Polri. (inilah/ags)

Check Also

WOL Photo

Dorong Pariwisata, Pemda Harus Tingkatkan Infrastruktur

MEDAN, WOL – Untuk terus mendorong wisata Sumatera Utara, pemerintah daerah diminta agar meningkatkan fasilitas ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.