Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Kasus Proyek Meikarta, KPK Periksa Para Saksi Pekan Ini
Juru Bicara KPK, Febri Diansyah (Foto: Okezone)

Kasus Proyek Meikarta, KPK Periksa Para Saksi Pekan Ini

JAKARTA, Waspada.co.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera memanggil saksi-saksi kasus dugaan suap perizinan proyek Meikarta. Pemeriksaan saksi dan tersangka kasus proyek Meikarta akan dimulai pada pekan ini.

“Tadi sudah saya cek ke tim, pemeriksaan tersangka dan saksi akan mulai dilakukan di minggu ini,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Senin (22/10).

Febri mengatakan saksi-saksi yang akan dipanggil terkait kasus ini berasal dari unsur Pemerintah Kabupaten Bekasi dan pihak Lippo Gruop. Termasuk CEO Lippo Group James Riady. Namun, dia belum mengatakan secara pasti kapan James Riady akan diperiksa.

“Nanti jika sudah ada jadwal diinformasikan ya,” ucap Febri.

Proyek Meikarta adalah proyek milik perusahaan properti PT Lippo Karawaci Tbk dan PT Lippo Cikarang Tbk. Proyek itu dikerjakan oleh PT Mahkota Sentosa Utama (PT MSU), yang merupakan anak usaha PT Lippo Cikarang Tbk.

Dalam kasus ini, KPK menetapkan Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin. Selain Bupati Neneng, KPK juga menjerat delapan orang lainnya dalam kasus ini.

Mereka adalah Kepala Dinas PUPR Pemkab Bekasi, Jamaludi; Kepala Dinas Damkar Pemkab Bekasi, Sahat MBJ Nahar; Kepala Dinas DPMPTSP Kabupaten Bekasi, Dewi Tisnawati; dan Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Kabupaten Bekasi, Neneng Rahmi.

Kemudian, Billy Sindoro, Direktur Operasional Lippo Group, Taryudi dan Fitra Djajaja Purnama selaku konsultan Lippo Group, serta Henry Jasmen pegawai Lippo Group.

Bupati Neneng dan sejumlah pihak diduga menerima hadiah atau janji Rp 13 miliar terkait proyek tersebut. Diduga, realiasasi pemberian sampai saat ini adalah sekitar Rp 7 miliar melalui beberapa Kepala Dinas. (merdeka/ags/data2)

Check Also

Terima Rp 9,4 triliun di rekening pribadi, Najib mengaku tak tahu dari mana asalnya

KUALA LUMPUR,Waspada.co.id – Selama lebih dari dua tahun, mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengaku ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: