Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Kapolri Waspadai Aksi Terorisme saat Idul Fitri 1439 H
(Foto: Ist)

Kapolri Waspadai Aksi Terorisme saat Idul Fitri 1439 H

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Kapolri Jenderal Tito Karnavian mewaspadai adanya aksi terorisme yang akan berlangsung saat momentum Idul Fitri 1439 Hijriah. Selain itu, Polri juga telah mempersiapkan pengamanan kejahatan konvensional seperti copet, jambret, hipnotis, dan pembius.

“Sehingga di semua pelabuhan, bandara, terminal, dan stasiun disiapkan posko dan operasi cipta kondisi semua preman-preman jalanan akan dilakukan tindakan, proses tangkap dan lain-lain,” kata Tito di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (30/5/2018).

Tito menerangkan, pihaknya juga mencegah adanya aksi sweeping ormas yang marak terjadi di bulan Ramadan ini. Mantan Kapolda Metro Jaya itu telah memerintahkan jajarannya untuk berkoordinasi dengan Pemda agar memastikan jam tutup dan bukanya tempat hiburan malam selama Ramadan dan Lebaran 2018.

“Karena tiap daerah aturannya beda-beda. Itu cukup inforkan ke kepolisian dan kepolisan tindak, tapi kalau sweeping dilakukan pasti kita tindak tegas, tidak boleh yang melakukan paksa hanya aparat, masyarakat hanya berikan info,” ujarnya.

Mudik

Lebih jauh, Tito mengimbau masyarakat yang mudik ke kampung halamannya untuk tidak berangkat pada saat puncak arus mudik Lebaran. Pasalnya cuti Lebaran baru berlangsung pada 11 Juni 2018. Namun, pada 8-10 Juni merupakan hari Jumat sampai Minggu yang dapat dimanfaatkan pemudik untuk melakukan perjalanan lebih dini dalam merayakan Idul Fitri di kampung halamannya.

“Untuk arus kembali 17-20 Juni, relatif empat hari karena itu juga pulangnya jangan bertumpuk-tumpuk juga. Sambil dinamis lihat sikon dan jangan dipaksakan bertumpuk,” imbaunya.

Mudik

Ia mengingatkan, pemudik untuk membawa obat-obatan serta bensin yang penuh dalam melakukan perjalanan mudiknya. Selain itu, Tito juga meminta agar masyarakat mudik menggunakan kendaraan umum dengan tidak membawa kendaraan motor untuk melakukan perjalanan jauh.

“Pemerintah mengimbau agar membuat sebanyak-banyaknya kegiatan mudik bersama agar kecelakaan motor bisa diatasi dan berkurang. Basarnas, Tni, Polri kita siap membantu masyarakt kalau ada bencana alam seperti Sinabung, merapi, tanah longsor, dan banjir,” tandasnya.

Check Also

Tito: 260 Terduga Teroris Sudah Ditangkap Dari Berbagai Daerah

JAKARTA, Waspada.co.id – Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Muhammad Tito Karnavian menyebut, polisi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: