Home / Warta / Politik / Kapolri Persilahkan Wacana Polisi Parlemen
liputan6

Kapolri Persilahkan Wacana Polisi Parlemen

JAKARTA, WOL – Kapolri, Jenderal Badrodin Haiti menanggapi wacana pembentukan Polisi Parlemen yang diwacanakan oleh anggota DPR untuk menggantikan peranan Pengamanan Dalam (Pamdal).

Badrodin mempersilakan apabila DPR ingin mengganti nama Pamdal menjadi Polisi Parlemen. “Saya sudah sarankan, polisi parlemen itu silakan saja namanya jadi polisi parlemen,” ujar Badrodin di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (17/4).

Badrodin menambahkan apabila pasukan Pamdal saat ini masih kurang maksimal secara jumlah maupun secara personal, maka DPR perlu melakukan evaluasi.

“(Pamdal) Kalau misalnya kurang ya ditingkatkan jumlahnya, kalau misalnya orangnya kurang gagah ya harus direkrutmen ulang, gitu loh,” tegasnya.

Lebih lanjut, Badrodin berujar meskipun perlu melakukan peningkatan kemampuan yang dimiliki pasukan Pamdal, pihaknya enggan menyebut, polisi parlemen dari unsur kepolisian tidak dibutuhkan. Ia masih mempertimbangkan untuk menyetujuinya atau tidak.

Diberitakan, dalam dokumen pembahasan Badan Legislasi (Baleg) DPR tercantum rencana pembentukan Polisi Parlemen. Polisi ini didesain mirip dengan petugas pengamanan yang melekat terhadap seorang presiden yaitu Paspampres.

Dalam dokumen itu disebutkan, pengamanan yang dilakukan oleh Pasukan Pengamanan Dalam (Pamdal) dan Polisi Pam Obvit (Pasukan Pengamanan Objek Vital) tidak relevan lagi dengan berbagai ancaman keamanan saat ini. (inilah/data2)

Check Also

Temukan Oknum Polri Tidak Netral di Pilkada, Lapor ke Nomor Telepon Ini

  JAKARTA – Besok, Rabu 27 Juni 2018, adalah hari yang menentukan untuk sejumlah daerah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: