Breaking News
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Kapolri: Kasus Karhutla Bisa Dibuka Kembali
Kapolri Jenderal Tito Karnavian (foto: Antara)
Kapolri Jenderal Tito Karnavian (foto: Antara)

Kapolri: Kasus Karhutla Bisa Dibuka Kembali

JAKARTA, WOL – Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang di-SP3 tidak bersifat final. Menurutnya, semua pihak, baik perorangan atau kelompok bisa mengajukan praperadilan untuk membuka kembali kasus karhutla yang telah di-SP3.

“SP3 itu produk hukum sesuai ketentuan dia bisa dibuka kembali kalau ada praperadilan,” kata Tito di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLH), Jakarta, Rabu (7/9).

“Jadi siapapun juga boleh mengajukan praperadilan, rekan-rekan LSM silakan kalau memang praperadilannya diterima tentu akan dibuka kembali,” timpal dia.

Tito menilai, kasus karhutla yang melibatkan koorporasi sangat sensitif. Untuk itu, dia membuat kebijakan baru yang memerintahkan seluruh jajarannya untuk melakukan gelar perkara di Mabes Polri. Selain itu, Polda ataupun Polres tidak diperbolehkan mengeluarkan SP3.

“Kita membuat kebijakan saya sudah perintahkan untuk semua jajaran, Polda atau Polres yang menangani kasus kebakaran hutan, dugaan pembakaran hutan oleh korporasi tidak boleh mengeluarkan SP3,” tegasnya.

Dijelaskan mantan Kapolda Metro Jaya ini, gelar perkara karhutla di Mabes Polri akan dilakukan bersama dengan pihak Bareskrim, Propam, Divkum dan pihak Kementerian LHK. Sehingga, keputusan mengeluarkan SP3 benar-benar terbuka dan transparan.

“Kita harapkan SP3 koorporasi dugaan kebakaran hutan ke depan tidak ada dilakukan secara terbuka dan aneh-aneh. Ini kebijakan ke depan,” pungkas Tito.

(merdeka/data2)

Check Also

Politisi senior Partai Golkar, Akbar Tanjung (foto: Iqbal/Okezone)

Soal Densus Tipikor Polri, Akbar Tanjung: Lebih Baik Benahi yang Sudah Ada

  JAKARTA – Terkait pembentukan Densus Tipikor Polri yang digagas Komisi III DPR RI, politisi ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.