Breaking News
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Kain Ka’bah Suryadharma Ali Laku Rp450 Juta
kompas.com

Kain Ka’bah Suryadharma Ali Laku Rp450 Juta

JAKARTA, Waspada.co.id – Kain kiswah atau kain penutup Ka’bah yang disita dari mantan Menteri Agama, Suryadharma Ali (SDA) laku dilelang oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Barang rampasan dari perkara korupsi pelaksanaan haji menjerat mantan ketua umum Partai Persatuan Pembangunan itu laku di angka Rp450 juta. Di awal lelang, kain dengan ukuran 80×59 sentimeter itu dibuka dengan harga penawaran Rp22,5 juta.

“Nilai Kiswah Rp22,5 juta, bisa laku Rp450 juta,” kata Koordinator Pelacakan Aset, Pengelolaan Barang Bukti dan Eksekusi (Labuksi) KPK, Irene Putrie, di Jakarta, Rabu (25/7).

Kain kiswah itu jatuh ke tangan seorang pengusaha bernama M Jufri Saad. Ia merupakan peserta lelang yang menawar dengan harga tertinggi sebesar Rp450 juta. Jufri mengatakan dirinya membeli kain penutup Ka’bah tersebut untuk menjadi barang koleksi. Menurut dia, sebagai seorang muslim, kiswah adalah barang koleksi terbaik untuk disimpan di rumah.

“Kiswah ini kita tahu bahwa sebagai orang muslim bahwa itu adalah suatu ibaratnya koleksi terbaik, karena tutupnya Ka’bah, ingin untuk koleksi di rumah,” ujarnya.

Jufri menyebut harga Rp450 juta tergolong murah dibanding harus membeli langsung di Makkah yang mencapai Rp1-2 miliar. Kini, Jufri menyatakan tak akan menjual kembali kain tersebut dan akan membingkainya untuk dipajang di rumah.

“Kiswah itu sudah seminggu saya incar dan sampai sekarang alhamdulillah didapat,” ujarnya.

Irene Putrie melanjutkan pihaknya berhasil menjual sejumlah barang rampasan dari koruptor lewat lelang ini sebesar Rp16,5 miliar. Uang dari hasil lelang itu akan diserahkan untuk kas negara. (wol/aa/cnn/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Lengser Jadi Dirdik KPK, Polri Siapkan Jabatan untuk Aris Budiman

  JAKARTA – Polri menyatakan sedang menyiapkan jabatan di internal untuk ditempati oleh Brigjen Aris ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: