Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Jutaan Ikan Mati Misterius di Danau Toba, Kerugiannya Capai Rp4 Miliar
Ikan mati mendadak di Danau Toba (Foto: Okezone)

Jutaan Ikan Mati Misterius di Danau Toba, Kerugiannya Capai Rp4 Miliar

agregasi

 

MEDAN, Waspada.co.id – Petani keramba jaring apung di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara harus menelan kerugian yang cukup besar pasca-insiden matinya jutaan ikan di perairan Danau Toba, Kecamatan Pangururan, sejak Rabu 22 Agustus 2018 kemarin.

Plt Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Samosir, Jhunellis Sinaga mengatakan, dari catatan mereka, ada ratusan keramba jaring apung milik 21 petani yang mengalami insiden tersebut. Total ikan yang mati bahkan telah mencapai 180 ton.

“Dengan rata-rata ikan yang mati merupakan ikan yang siap panen. Maka perkiraan kita, kerugian para petani mencapai Rp4 miliar,” kata Jhunellis.

Ilustrasi ikan mati

Jhunellis menyebutkan, saat ini mereka masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab insiden tersebut. Tim sudah diturunkan untuk mengambil sample air, pakan ikan serta bangkai ikan yang mati tersebut.

“Masih kita selidiki penyebabnya,” tandas Jhunellis.

Seperti diketahui, jutaan ekor ikan di keramba jaring apung milik para petani lokal di perairan Danau Toba, Kecamatan Pangururuan, Samosir, mati mendadak.

Perisitiwa matinya jutaan ikan di perairan Danau Toba bukan pertama kali terjadi. Bahkan, kematian massal ikan di Danau Toba sudah berulang-ulang.

Tercatat pada 2004 ikan mati massal di kawasan Haranggaol karena virus herves koi. Lalu, pada Mei 2016, lebih dari 1.000 ton ikan mati, tetapi diinformasikan bukan karena penyakit. Pada awal 2017 juga terjadi kematian massal ikan di kawasan Tongging dan Silalahi.

(Ari/dv)

Check Also

Membuka Potensi Desa Wisata Pulo Sibandang di Danau Toba

MUARA,Waspada.co.id – Kekayaan yang dimiliki Danau Toba membuat Kementerian Pariwisata (Kemenpar) tiada henti mengeksplorasi potensi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: