Home / Warta / Politik / Jusuf Kalla: Erick Thohir Harus ‘Banting Setir’
Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (foto: Okezone)

Jusuf Kalla: Erick Thohir Harus ‘Banting Setir’

JAKARTA, Waspada.co.id – Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla mengatakan, Erick Thohir harus banyak belajar mengenai perpolitikan Indonesia. Tak hanya itu, sebagai ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf, Erick Tohir juga harus mampu memetakan politik nasional.

“Jadi memang Erick harus sedikit banting setir dari olahraga, media, ke bagaimana memajukan politik,” ujar Jusuf Kalla di kantornya, Senin (10/9).

Jusuf Kalla mengatakan, dirinya akan memberikan masukan kepada Erick terkait perpolitikan di Tanah Air. Adapun, Jusuf Kalla ditunjuk sebagai ketua dewan pengarah Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf, dan juga merupakan politikus senior. Namun, Jusuf Kalla enggan membeberkan masukan apa yang akan diberikannya kepada Erick.

“Tergantung masalahnya, bagaimana memadukan program pemerintah dengan kemampuan si calon itu,” kata Jusuf Kalla.

Jusuf Kalla mengatakan, pada dasarnya kampanye merupakan sebuah cara untuk membentuk calon agar lebih dikenal, kemudian disukai dan dipilih oleh masyarakat. Adapun, tugas Erick sebagai tim sukses Jokowi-Ma’ruf akan dikawal oleh timnya.

“Itu prinsip pokok kampanye, Erick harus banyak belajar tentang perpolitikan juga memetakan, tapi kan banyak dia punya timnya,” kata Jusuf Kalla.

Bakal calon presiden (capres) pejawat Joko Widodo (Jokowi) telah secara resmi mengumumkan ketua TKN. Sosok yang selama ini dirahasiakan tersebut adalah pengusaha yang juga Ketua Inasgoc, Erick Thohir.

“Ketua Tim Kampanye Nasional adalah Bapak Erick Thohir,” kata Jokowi, di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (7/9) sore.

Jokowi mengatakan, sosok Erick Thohir adalah pemimpin yang selama ini terbukti kemampuannya. Terakhir, ia menjadi ketua Inasgoc dan ajang Asian Games 2018 beberapa hari lalu berhasil menuai banyak pujian, baik dari nasional maupun internasional.

“Saya kira beberapa saudara semuanya sudah tahu beliau adalah pengusaha sukses, memiliki media, memiliki klub sepak bola, memiliki klub basket, dan memiliki yang lain-lainnya. Tapi, yang jelas dalam setiap hal yang beliau pimpin itu, selalu mendapatkan kesuksesan,” ujar Jokowi menegaskan.

Erick Thohir menjelaskan alasannya menyetujui tawaran menjadi ketua TKN. Menurut dia, yang ia pilih merupakan hal yang memang ia inginkan karena menilai Jokowi sebagai sosok yang tulus membangun Indonesia.

Ia mengatakan, tidak menjalankan usaha lainnya selain dua usaha media massa dan olahraga, karena emang hal tersebutlah yang merupakan minatnya selama ini. Demikian pula pilihannya menjadi Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf.

“Nah pertama juga pada saat ini kan sebuah pilihan, tapi apa yang Saya dapat lihat dari pak Joko Widodo sendiri, kekuatan beliau sebagai hati nuraninya untuk rakyat dan untuk membangun Indonesia. Itu jadi pilihan Saya,” kata Erick, usai pengumuman resmi yang dilakukan Jokowi di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (7/9). (republika/ags/data1)

Check Also

Tim BPN Prabowo-Sandi Minta Semua Elemen Waspadai Genderuwo Hukum

SEMARANG, Waspada.co.id – Badan Pemenangan Nasional (BPN) Pasangan Calon Presiden Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno meminta ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: