_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Jokowi Serahkan KIS Untuk PBI
WOL photo/Ega Ibra

Jokowi Serahkan KIS Untuk PBI

KLATEN, WOL – Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan menyerahkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) untuk Penerima Bantuan Iuran (PBI) di Kabupaten Klaten dan Kabupaten Sleman, Jawa Tengah.

“Untuk tahun 2015 ini, secara simbolis, ini merupakan pertama kali penyerahan KIS oleh presiden kepada Penerima Bantuan Iuran,” kata Kepala Departemen Humas BPJS, Irfan Humaidi di SD 2 Temuwangi, Klaten, Senin( 4/5)

Dia menjelaskan, pada hari ini, total KIS yang akan dibagikan kepada PBI sebanyak 1.646 peserta PBI di Klaten dan 4.414 peserta PBI di Sleman.

“Melalui kehadiran KIS, masyarakat dapat memperoleh pelayanan kesehatan secara komprehensif di fasilitas kesehatan yang bekerjasama, dengan ketentuan mengikuti mekanisme sistem rujukan berjenjang dan atas indikasi medis,” katanya.

Secara keseluruhan, tambah dia, KIS diterbitkan oleh BPJS Kesehatan dan jenis kepesertaannya terbagi menjadi dua kelompok.

Pertama, kelompok masyarakat yang wajib mendaftar dan membayar iuran, baik membayar sendiri atau mandiri ataupun berkontribusi bersama pemberi kerjanya yakni segmen buruh atau pekerja.

Kedua, kelompok masyarakat miskin dan tidak mampu yang didaftarkan oleh pemerintah dan iurannya dibayari oleh pemerintah yakni segmen penerima bantuan iuran atau PBI.

“Untuk KIS segmen PBI, peluncuran perdananya telah dilakukan Presiden bersamaan dengan peluncuran perdana Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), pada tanggal 3 November 2014,” katanya.

KIS yang terintegrasi bersama Program Keluarga Sejahtera dan Program Indonesia Pintar, tambah dia, saat ini telah terdistribusikan sebanyak lebih dari empat juta kartu.

“Atau tepatnya 4.426.010 kartu kepada peserta PBI di 18 kabupaten/kota di seluruh Indonesia,” katanya.

Di tahun 2015, sesuai Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2014, BPJS Kesehatan bersama Kementerian Sosial dan Kementerian Kesehatan, melanjutkan penerbitan dan pendistribusian hampir 82 juta Kartu.

“Atau tepatnya 81.973.990 Kartu Indonesia Sehat untuk segmen peserta PBI. Pada Mei 2015, sebanyak 82 juta KIS PBI mulai didistribusikan secara bertahap,” katanya.

Sementara itu, hingga berita ini diturunkan, masyarakat penerima bantuan iuran atau PBI sudah mulai memenuhi SD 2 Temuwangi untuk menyambut kehadiran Presiden Joko Widodo.(antara/data1)

适适

Check Also

Inilah 6 Tokoh Yang Diberi Gelar Pahlawan Nasional Oleh Jokowi

JAKARTA, Waspada.co.id – Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada enam ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.