Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Jokowi: Selfie Telah Mengubah Dunia
Presiden RI, Joko Widodo (Foto: Antara)
Presiden RI, Joko Widodo (Foto: Antara)

Jokowi: Selfie Telah Mengubah Dunia

SYDNEY, WOL – Pertumbuhan era digital dinilai turut mempengaruhi sektor perekonomian. Selain itu, perkembangan era digital turut merubah pola konsumsi pada masyarakat kelas menengah di ASEAN.

Di sela-sela KTT Asean-Australia di Sydney, Presiden Joko Widodo mengungkapkan media sosial menjadi salah satu faktor pemicu perubahan tersebut. “Saya bisa mengatakan bahwa ‘selfie’ adalah penemuan atau ciptaan abad ini. Karena ‘selfie’ telah mengubah dunia,” ujar Jokowi dalam keterangan resminya, sambil disambut tawa para tamu.

Jokowi pun memberikan contoh sebuah objek wisata alam, Kalibiru di Yogyakarta, Indonesia yang selalu dipadati pengunjung. Di lokasi tersebut, wisatawan rela antri berjam-jam hanya untuk mendapatkan ‘selfie’ yang sempurna.

“Kalangan menengah dan muda saat ini tertarik dengan pengalaman dan petualangan dibanding barang-barang mewah. Hal ini tentu berdampak pada melonjaknya sektor pariwisata global,” tambah Jokowi.

Jokowi menjelaskan berdasarkan data Bloomberg, pmeskipun pertumbuhan ekonomi dunia saat ini berada di sekitar 3 persen per tahun, namun industri pariwisata global tumbuh lebih dari 7 persen per tahun. Pertumbuhan tersebut menjadi peluang bagi ASEAN dan Australia.

Saat ini menurut Jokowi, berbagai proyek infrastruktur di negara-negara ASEAN sedang dibangun untuk menunjang melonjaknya sektor pariwisata. Mulai dari perbaikan dan pembangunan bandar udara, pelabuhan, jalan tol, bahkan kereta api super cepat.

“Namun, kita masih membutuhkan banyak infrastruktur dan hal ini merupakan peluang bagi pelaku bisnis di Australia,” jelas Jokowi. (cnnindonesia/ags/data2)

Check Also

foto: Istimewa

Putin Hadiri KTT di Berlin

BERLIN, WOL – Presiden Rusia Vladimir Putin bertolak ke Berlin, Rabu (18/10), untuk menghadiri Konferensi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.