Home / Warta / Politik / Jokowi, Prabowo dan TGB Paling Diingat Publik
foto: tmpo

Jokowi, Prabowo dan TGB Paling Diingat Publik

JAKARTA, Waspada.co.id – Direktur Lembaga Survei Kelompok Diskusi dan Opini Publik Indonesia (Kedaikopi), Vivi Zabkie, menjelaskan hasil survey mengenai beberapa tokoh calon penantang Jokowi pada kontestasi Pilpres 2019 mendatang. Disebutkan, ada dua calon kuat yang melekat diingatan masyarakat berdasarkan hasil survey mereka.

Pertama, Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto. Di mata publik adalah sebagai figur yang tegas. Sementara Tuan Guru Bajang (TGB), Zainul Majdi, memang lebih dikenal sebagai gubernur NTB dan alim ulama.

“Beberapa saja, kami ambil dari yang mewakili beberapa kriteria. Misalnya Prabowo yang merepresentasi militer juga partai politik, Rizal Ramli yang ahli ekonomi kerakyatan, TGB Zainul Majdi yang merupakan ulama sekaligus kepala daerah dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang merupakan alumnus pilkada Jakarta serta dicitrakan muda,” kata Vivi seperti dilansir dari laman republika.co.id, Sabtu (5/5).

Responden ditanyakan dengan pertanyaan terbuka, “Apa yang pertama kali anda ingat saat mendengar nama tokoh-tokoh ini?”.  Prabowo dicitrakan tegas oleh responden (29,9 persen), militer (21,1 persen), ketua umum Gerindra (13,5 persen), calon presiden (10,5 persen) dan ambisius (2,6 persen). Sisanya menjawab lainnya atau tidak tahu dan tidak jawab.

Menurut responden saat mendengar nama Rizal Ramli, maka respondeng menjawab: mantan menteri (31,4 persen), sering muncul di TV (13,4 persen), politikus (10 persen), ahli ekonomi (5,4 persen) dan orang baik (3,6 persen). Sisanya menjawab lainnya atau tidak tahu dan tidak jawab.

Sementara hal yang diketahui publik tentang Tuan Guru Bajang (TGB), Zainul Majdi, menyebut TGB adalah Gubernur NTB (9,1 persen), tokoh ulama (8,3 persen), religius (5,9 persen), ahli agama (4,9 persen) dan politikus (4,1 persen). Sisanya menjawab lainnya, tidak tahu atau tidak jawab.

Untuk Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) top of mind publik adalah anak dari Susilo Bambang Yudhoyono (42,9 persen), muda hanya 4,8 persen, TNI (3,7 persen), bekas calon gubernur (3,1 persen) dan tegas (2,1 persen). Sisanya menjawab lainnya, tidak tahu atau tidak jawab.

Bagaimana dengan Joko Widodo, yang menjawab Presiden RI ada 37,9 persen, merakyat 15,4 persen, sederhana 6 persen, santun 3,8 persen dan sisanya menjawab lainnya, tidak tahu atau tidak jawab.(wol/mrz/rol/data1)

Check Also

PAN Benarkan Prabowo dan Jokowi Akan Bertemu

JAKARTA, Waspada.co.id – Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan membenarkan adanya rencana pertemuan antara Prabowo Subianto ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: