_
Home / Warta / Politik / Jokowi Pertimbangkan Pengadaan Dana Operasional bagi Kepala Desa
Presiden Joko Widodo (Foto: Okezone)

Jokowi Pertimbangkan Pengadaan Dana Operasional bagi Kepala Desa

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan memertimbangkan adanya dana operasional terhadap kepala desa dan perangkat desa. Mulanya, saat acara Silaturahmi Nasional (Silatnas) Pemerintahan Desa se-Indonesia 2019, di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Jokowi meminta beberapa kepala desa untuk maju ke depan dan menyampaikan keluh kesahnya.

Kemudian, salah satu kepala desa dari Sumatera Barat bernama Zuliatman menceritakan kesulitannya saat menjadi kades. Misalnya, selalu standby selama 24 jam hingga harus menghadiri undangan masyarakat yang cukup padat.

“Perangkat desa kerja 24 jam, ibu hamil diurus, dan lain-lain (semuanya) kepala desa, apalagi setiap ada undangan dalam satu minggu itu dua pak,” kata Zuliatman di lokasi, Rabu (10/4/2019).

Hal serupa juga disampaikan oleh kepala desa salah satu daerah di Provinsi Gorontalo bernama Yuman Rahman. Ia meminta kepala negara dapat lebih menyejahterakan kepala desa.

“Kami selaku kepala desa dari Kabupaten Gorontalo dan seluruh di negeri ini berharap kesejahteraan bagi kami kepala desa, masyarakat sudah diberi kesejahteraan, kami kepala desa minta diberi kesejahteraan,” kata Yuman.

Merespons aspirasi itu, Jokowi mengaku sudah memahami keluh kesah yang disampaikan para kepala desa itu mengenai perlunya ada dana operasional.

Presiden Jokowi

“Ya, ya, ya, saya ngerti maksudnya. Saya tahu dana oprasional kan?,” ujar Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menilai penting sekali untuk dapat menyejahterakan kepala desa. Maka dari itu dirinya berjanji akan memertimbangkan adanya dana operasional terhadap kepala desa dengan meminta bantuan dari Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal untuk menyurati Menteri Keuangan.

适适

“Yang berkaitan tadi mengenai kesejahteraan dana operasional untuk kepala desa segera kita matangkan segera, kita putuskan sehingga kegiatan yang ada di desa tidak merepotkan dan membebani bapak Ibu semua,” kata dia.

Check Also

Jokowi Tak Akan Campuri Urusan Internal Golkar

JAKARTA, Waspada.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membantah adanya klaim sepihak menyebut dirinya mendukung Airlangga ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.