Breaking News
Home / Warta / Politik / Jokowi: Negara-Negara ASEAN Akan Dihadapkan Persaingan Politik dan Keamanan
Presiden Jokowi di HUT-50 ASEAN. (Foto: Antara)
Presiden Jokowi di HUT-50 ASEAN. (Foto: Antara)

Jokowi: Negara-Negara ASEAN Akan Dihadapkan Persaingan Politik dan Keamanan

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut negara-negara yang bergabung di Association of Southeast Asian Nations (ASEAN)‎ akan dihadapkan dengan tantangan persaingan politik dan keamanan.

“Dari sisi politik (dan) keamanan, ASEAN akan menghadapi rivalitas negara-negara besar yang saling berebut pengaruh di kawasan Asia Tenggara maupun di level global,” kata Jokowi dalam sambutannya di peringatan 50 tahun ASEAN, Sekretariat ASEAN, Jakarta Selatan, Jumat (11/8/2017).

Kepala Negara menilai, rivalitas dan kepentingan dari sejumlah negara besar akan memengaruhi stabilitas keamanan dan politik di negara-negara ASEAN. Sebab itu, ia mengajak negara-negara di kawasan Asia Tenggara dapat saling bekerja sama dalam mewujudkan cita-cita bersama.

“Hanya dengan bersatu, ASEAN akan bisa menentukan masa depannya sendiri tanpa harus didikte oleh kepentingan negara-negara besar,” terangnya.

Selain itu, mantan gubernur DKI Jakarta itu menerangkan peristiwa Britain Exit (Brexit) juga perlu menjadi pembelajaran bagi negara-negara ASEAN. Sehingga, ASEAN mampu bekerja keras agar rakyat di kawasannya merasakan manfaat keberadaan perserikatan negara-negara di Asia Tenggara tersebut.

“Untuk itu menjadi tugas kita bersama para penerus ASEAN untuk tetap menjaga agar ASEAN bermanfaat bagi rakyat ASEAN,” pungkasnya.

Check Also

WOL Photo

Hajab! Jokowi Saksikan Jalan Berlubang dan Sampah di Medan

MEDAN, WOL – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan untuk berkeliling Kota Medan, Sumatera utara sebelum ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.