Breaking News
Home / Warta / Politik / Jokowi: Negara-Negara ASEAN Akan Dihadapkan Persaingan Politik dan Keamanan
Presiden Jokowi di HUT-50 ASEAN. (Foto: Antara)
Presiden Jokowi di HUT-50 ASEAN. (Foto: Antara)

Jokowi: Negara-Negara ASEAN Akan Dihadapkan Persaingan Politik dan Keamanan

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut negara-negara yang bergabung di Association of Southeast Asian Nations (ASEAN)‎ akan dihadapkan dengan tantangan persaingan politik dan keamanan.

“Dari sisi politik (dan) keamanan, ASEAN akan menghadapi rivalitas negara-negara besar yang saling berebut pengaruh di kawasan Asia Tenggara maupun di level global,” kata Jokowi dalam sambutannya di peringatan 50 tahun ASEAN, Sekretariat ASEAN, Jakarta Selatan, Jumat (11/8/2017).

Kepala Negara menilai, rivalitas dan kepentingan dari sejumlah negara besar akan memengaruhi stabilitas keamanan dan politik di negara-negara ASEAN. Sebab itu, ia mengajak negara-negara di kawasan Asia Tenggara dapat saling bekerja sama dalam mewujudkan cita-cita bersama.

“Hanya dengan bersatu, ASEAN akan bisa menentukan masa depannya sendiri tanpa harus didikte oleh kepentingan negara-negara besar,” terangnya.

Selain itu, mantan gubernur DKI Jakarta itu menerangkan peristiwa Britain Exit (Brexit) juga perlu menjadi pembelajaran bagi negara-negara ASEAN. Sehingga, ASEAN mampu bekerja keras agar rakyat di kawasannya merasakan manfaat keberadaan perserikatan negara-negara di Asia Tenggara tersebut.

“Untuk itu menjadi tugas kita bersama para penerus ASEAN untuk tetap menjaga agar ASEAN bermanfaat bagi rakyat ASEAN,” pungkasnya.

Check Also

Agus Yudhoyono (foto: ist)

Survei: AHY Raih Elektabilitas Tertinggi Jika Berduet Dengan Jokowi

JAKARTA, WOL – Lembaga survei Indo Barometer merilis hasil survei untuk Pemilihan Presiden 2019 (Pilpres ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.