Breaking News
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Jokowi Minta Tokoh Lintas Agama Komitmen Jaga Pancasila
Presiden RI Joko Widodo. (Foto: Antara)
Presiden RI Joko Widodo. (Foto: Antara)

Jokowi Minta Tokoh Lintas Agama Komitmen Jaga Pancasila

agregasi
agregasi

 

JAKARTA Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta komitmen dari ‎seluruh tokoh lintas agama untuk terus menjaga dan mempertahankan Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika yang telah menjadi bingkai dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“‎Dan saya mendengarkan komitmen semua tokoh agama dan umatnya untuk terus menjaga, terus mempertahan dan memperkokoh Pancasila, UUD 1945 dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika,” ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (16/5/2017).

Presiden Jokowi pun berterima kasih kepada tokoh lintas agama tersebut. ‎Ia mengungkapkan, komitemen dalam menjaga persatuan antar-umat beragama di negara demokrasi harus didukung dengan penegakan hukum yang adil.

“Saya senang dan berterima kasih mendengar komitmen untuk menjaga persatuan, persaudaraan permadaian dan toleransi antar-umat, antar-kelompok dan antar-golongan. Saya juga senang dan berterima kasih atas komitmen semua pihak untuk membangun demokrasi yang sehat dan mendukung penegakan hukum,” tegasnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menegaskan, kebebasan berpendapat telah dijamin oleh konstitusi di Indonesia. Kendati demikian, setiap kebebasan tersebut harus sesuai dengan koridor hukum serta Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Saya perlu tegaskan di sini bahwa kebebasan berpendapat, berserikat dan berkumpul itu dijamin oleh kontitusi kita. Tetapi saya perlu tegaskan bahwa kebebasan tersebut harus sesuai dengan koridor hukum, harus sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945 dan harus berada dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika,” tukasnya.

Check Also

Sekjen PPP Asrul Sani. Foto Antara

Soal Isu Reshuffle, PPP: Kami Menyerahkan Sepenuhnya kepada Presiden

  JAKARTA – Belakangan isu reshuffle kembali muncul dalam Kabinet Kerja pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.