Breaking News
Home / Warta / Politik / Jokowi Minta Perangkat Desa Tak Perlu Demo di Istana
Presiden RI, Joko Widodo (foto: Okezone)

Jokowi Minta Perangkat Desa Tak Perlu Demo di Istana

JAKARTA, Waspada.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta perangkat desa untuk tidak melakukan aksi unjuk rasa lagi ke Istana Negara setelah pertemuan hari ini di Istora Senayan, Jakarta pada Senin (14/1).

“Jadi, setelah kita bertemu di sini. Bapak ibu tak usah demo depan istana. Enggak usah demo depan Istana, ini musim hujan,” kata Jokowi.

Menurut dia, pemerintah sekarang sangat memperhatikan desa baik dari segi anggaran maupun penghasilan tetap perangkat desa segera disetarakan dengan aparatur sipil negara (ASN) golongan IIA.

“Sudah kita putuskan penghasilan tetap perangkat desa segera disetarakan dengan golongan IIA. Kemarin saya dengar dan diberitahu, kan sudah selesai dibicarakan Menteri Keuangan, Menteri Perdagangan, Menteri PANRB. Sudah rampung kok Senin, masih mau demo,” ujarnya.

Kemudian, Jokowi menjelaskan perbaikan kesejahteraan perangkat desa dilakukan dengan merevisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43 Nomor 2014 dan PP Nomor 47 Tahun 2015.

“Jadi bapak-ibu sekalian, ditunggu dua minggu akan segera dikeluarkan revisi PP, sehingga bisa dilaksanakan,” jelas dia.

Di samping itu, Jokowi mengaku mendapat iformasi kalau BPJS akan diberikan seluruh kepala desa dan perangkat desa. Selain itu, Jokowi mengklaim pemerintah telah mengucurkan dana ke desa mencapai Rp 257 triliun sejak 2015 untuk 74 ribu desa.

“Pada kesempatan baik ini, saya ingin titip agar uang Rp 257 triliun tadi selalu berputar dari desa ke desa di desa-desa. Jangan sampai kembali ke kota apalagi kembali ke Jakarta,” katanya.

Jokowi menjelaskan alasan kenapa uang diberikan ke desa karena kesejahteraan dihitung kalau perputaran uang semakin banyak di sebuah wilayah, desa. “Itu teori ekonomi, sehingga saya titip yang Rp 257 triliun terus berputar di desa, jangan dibiarkan uang ini masuk ke kota atau Jakarta,” tandasnya. (inilah/ags/data2)

Check Also

22 Pemimpin Dunia Ucapkan Selamat ke Jokowi, dari Mahathir Hingga Erdogan

JAKARTA, Waspada.co.id – Sejumlah pemimpin dunia mengucapkan selamat kepada calon presiden Joko Widodo terkait Pemilu ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: