Home / Warta / Mancanegara / Jokowi Menang Banyak di Sepuluh Negara Ini
(Agus Suparto/Fotografer Pribadi Jokowi)

Jokowi Menang Banyak di Sepuluh Negara Ini

Waspada.co.id – Proses penghitungan suara Pilpres 2019 di luar negeri telah selesai dilaksankan. Hasilnya pasangan Capres dan Cawapres Nomor Urut 01, Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin unggul dari duet kandidat nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Berikut, negara-negara yang dikuasai paslon 01, Jokowi-Amin

1. Vatikan
Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin menang telak dalam penghitungan suara Pilpres 2019 yang digelar di Vatikan, Rabu (17/4). Jokowi-Ma’ruf unggul dengan raihan 99 persen suara baik dari pemilih di tempat pemungutan suara (TPS) maupun melalui pos.

Dari keterangan pers Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Vatikan, Jokowi-Ma’ruf meraiih total 1.171 suara. Sementara pasangan calon nomor 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memperoleh 12 suara.

Dalam proses penghitungan yang dilakukan sejak pukul 11.00 waktu setempat, hadir para tokoh agama, khususnya rohaniwan/rohaniwati Katolik Indonesia yang bekerja atau studi di Vatikan.

2. Vietnam
Seperti dilansir Antara, Rabu (17/4), Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Hanoi menyatakan duet Jokowi-Ma’ruf unggul dengan total perolehan suara sebanyak 161 suara. Sementara Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memperoleh 63 suara.

Pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf unggul di Vietnam dengan perolehan 70,6 persen dari total suara, dibandingkan pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandi yang hanya 27,6 persen.

Untuk perolehan suara dari metode coblos langsung di TPS KBRI Hanoi, Jokowi-Ma’ruf mendapatkan 137 suara sedangkan Prabowo-Sandi mendapatkan 60 suara. Sementara berdasarkan perolehan suara dari metode pos, pasangan nomor urut 01 memperoleh 24 suara dan pasangan nomor urut 02 memperoleh 3 suara.

Selain itu, total surat suara yang tidak sah adalah sebanyak 4, yakni 1 surat suara tidak sah dari metode pos dan 3 surat suara tidak sah dari metode TPS.

3. Belgia
Panitia Pemilihan Luar Negeri di Belgia mengumumkan hasil Pilpres 2019 yang menunjukkan pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin unggul di negara Eropa tersebut dan Luksemburg dengan perolehan suara mencapai 82 persen.

Sekretaris Pertama Fungsi Konsuler KBRI Brussel, Dara Yusilawati mengatakan kepada Antara, Rabu (17/4) waktu setempat bahwa Jokowi mendulang 807 suara atau 82 persen, sedangkan Prabowo-Sandiaga memperoleh 175 suara atau 18 persen.

Pemilihan di Belgia dilaksanakan pada Sabtu (13/4), sedangkan di Luksemburg dilaksanakan pada Minggu (14/4). Dilaporkan, pemilihan di kedua negara tersebut dilaporkan berlangsung tertib dan lancar.

Dari sekitar 1.755 orang yang terdaftar sebagai pemilih, sebanyak 1.025 orang atau hampir 60 persen menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019.

4. Bangladesh & Nepal
Proses penghitungan suara Pemilu 2019 di luar negeri juga dilangsungkan di Bangladesh dan Nepal. Di dua negara itu, pasangan nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin, unggul dari rivalnya, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Menurut Ketua PPLN Dhaka, Teguh Iryadi, jika dipersentasekan pemilih Jokowi mencapai 63 persen.

Jumlahnya keseluruhan mencapai 143. Sedangkan Prabowo-Sandiaga meraih 55 suara dari TPS, dan 18 suara dari metode pos. Jika dijumlahkan mencapai 73, atau sekitar 32,16 persen.

Jumlah WNI yang menggunakan hak pilih di Bangladesh dan Nepal mencapai 227 orang.

5. Libanon
Proses penghitungan suara Pemilu 2019 di luar negeri juga dilakukan di Beirut, Libanon. Hasilnya, pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin unggul.

Hasilnya, Jokowi-Ma’ruf memperoleh 110 suara. Sedangkan pasangan capres-cawapres 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meraih 61 suara. Surat suara tidak sah sebanyak 5 suara.

Selain disaksikan oleh Duta Besar RI untuk Libanon, Hajriyanto Y. Thohari, dan perwakilan WNI, proses penghitungan suara juga disiarkan secara langsung melalui akun resmi Facebook KBRI Beirut.

6. Korea Selatan
Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin juga tercatat unggul dengan perolehan suara sekitar 67,6 persen dalam pemilihan umum (Pemilu) 2019 di Korea Selatan, Rabu (17/4).

Dari sekitar 7.085 suara sah, pasangan Jokowi-Amin meraup 4.791 sementara pesaingnya, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno mendapatkan 2.294 suara. Duta Besar Republik Indonesia untuk Korea Selatan, Umar Hadi, mengaku berterima kasih terhadap semua pihak yang telah membantu.

7. Timor Leste
Pasangan Capres dan Cawapres Nomor Urut 01, Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin memenangkan perolehan suara di Timor Leste. Selisih suaranya cukup lumayan dari pesaingnya, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Dalam keterangan tertulis Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Dili, Jokowi-Ma’ruf unggul dengan total perolehan suara sebanyak 2.739 suara. Sementara pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memperoleh 578 suara.

Seperti dilansir Antara, Rabu (17/4), pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf unggul 81,88 persen di Timor Leste dibandingkan pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandi.

Metode pemungutan suara Pemilu 2019 di Timor Leste yang dilakukan oleh PPLN Dili ada dua, yaitu mencoblos langsung di tempat pemungutan suara (TPS) dan Kotak Suara Keliling (KSK).

8. Selandia Baru
Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin, unggul suara berdasarkan penghitungan sementara hasil Pemilihan Umum 2019 yang digelar di Selandia Baru.

Merujuk pada hasil akhir penghitungan suara pemilih yang mencoblos secara langsung ke tempat pemungutan suara (TPS), Jokowi-Ma’ruf unggul 196 suara di Wellington.

Sementara itu, paslon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, hanya mendapat 30 suara di TPS Welington dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) 222 orang.

Ronny mengatakan Jokowi-Ma’ruf juga unggul di TPS Auckland dengan perolehan 151 suara. Prabowo-Sandi hanya mendapat 39 suara di TPS tersebut. Sementara itu, jumlah suara tidak sah ada dua dari total 192 suara yang dihitung.

9. Thailand
Pasangan calon nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin, meraup 76 persen suara dalam pemilihan umum 2019 yang digelar di Bangkok, Thailand.

Panitia Penyelenggara Pemilu Luar Negeri (PPLN) Bangkok menyatakan bahwa Jokowi meraih 1.032 suara. Dengan angka tersebut, Jokowi mengalahkan rivalnya, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, yang hanya berhasil mengamankan 322 suara atau 23,8 persen.

Secara keseluruhan, ada 1.527 Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Bangkok. Dari angka tersebut, 196 di antaranya menyumbangkan suara, tapi tidak sah.

10. Denmark
Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf Amin unggul 79,9 persen suara dalam pemilu yang digelar di Denmark, Rabu (17/4). Dari total 552 suara pemilih, Jokowi-Ma’ruf meraih 440 suara.

keunggulan Jokowi-Ma’ruf mengalahkan paslon Prabowo-Sandi yang hanya meraih 76 suara atau 79,9 persen. Sisanya terdapat 6,5 persen suara yang tidak sah.

“Proses penghitungan suara berlangsung dengan lancar dan tertib, masyarakat yang hadir juga mengikuti dengan antusias,” ujar Dubes RI untuk Denmark merangkap Lithuania, M Ibnu Said yang hadir sepanjang proses penghitungan.

Kemenangan di Denmark ini menambah panjang daftar kemenangan Jokowi-Ma’ruf di luar negeri. Sejauh ini, Jokowi sudah mengantongi kemenangan di Libanon, Vietnam, Timor Leste, Selandia Baru, Vatikan, Bangladesh, dan sementara ini di China. (cnn/data1)

Check Also

Bawaslu Medan Curiga Banyak Kejanggalan di Pemilu 2019

MEDAN, Waspada.co.id – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Medan, Payung Harahap, berjanji akan menindaklanjuti ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: