_
Home / Warta / Politik / Jokowi Koreksi Pernyataan: Bukan Tak Ada Karhutla, tapi Turun Drastis
Jokowi. (Foto: Fakhrizal F/Okezone)

Jokowi Koreksi Pernyataan: Bukan Tak Ada Karhutla, tapi Turun Drastis

agregasi

 

BANTEN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) banyak dikritik karena menyatakan ‘dalam tiga tahun ini, tidak terjadi kebakaran hutan dan gambut’. Hal itu bertolak belakang dengan fakta bahwa masih banyaknya kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Indonesia.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam debat kedua Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Minggu 17 Februari 2019.

Jokowi kemudian mengoreksi pernyataannya soal ini. Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta itu, yang dimaksudnya ‘bukan tidak ada’ karhutla, tapi ‘turun drastis’.

“Saya sampaikan kita bisa mengatasi kebakaran dalam tiga tahun ini. Artinya bukan tidak ada. turun drastis, turun 85 persen lebih,” kata Jokowi di Pandeglang, Banten, Senin (18/2/2019).

Jokowi menjelaskan, sejak tiga tahun belakangan, sudah tak ada lagi keluhan dari negara tetangga soal dampak karhutla di Indonesia. Selain itu, ia juga memastikan bahwa tak ada pesawat yang gagal mendarat karena jarak pandang akibat asap karhutla.

“Keluhan-keluhan di provinsi mengenai asasp juga enggak ada. Keluhan dari negara tetangga dalam tiga tahun ini Singapura, Malaysia dapat dikatakan enggak ada komplain sama sekali. Itu yang kita maksudkan,” kata dia.

Kepala Negara menegaskan bahwa pemaparannya bukan tanpa alasan. Hal itu karena turunnya angka kebakarakan hutan hingga lebih dari 85%.

“Jadi jangan dilebih-lebihkanlah seperti itu, datanya juga ada seperti biasa,” kata Jokowi.

适适

Check Also

Instruksi Presiden ke Prabowo: Alutsista Dibuat di Dalam Negeri

JAKARTA, Waspada.co.id – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengaku telah mendapat instruksi langsung dari Presiden RI ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.