Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Jokowi Klaim Banjir Jakarta Akan Berkurang
foto: Istimewa

Jokowi Klaim Banjir Jakarta Akan Berkurang

BOGOR, WOL – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pembangunan bendungan Sukamahi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (15/12). Saat peninjauan, Kepala Negara mengatakan pembangunan bendungan di wilayah hulu Sungai Cisukabirus ini merupakan bagian dari upaya pengendalian banjir di DKI Jakarta.

“Ini kita ingin juga menyelesaikan masalah banjir yang ada di Jakarta. Kita bekerja di hulunya. Jadi yang mau kita kerjakan sekarang ini adalah waduk Sukamahi dan waduk Ciawi. Sudah dimulai, pembebasan lahan sudah 22 persen,” ujar Jokowi.

Ia menambahkan, pembangunan kedua waduk tersebut ditargetkan untuk dapat selesai pada pertengahan 2019 mendatang.

Kepala Negara menjanjikan, beroperasinya waduk tersebut akan mampu mengurangi potensi banjir di Jakarta sebesar 30 persen. “Dengan adanya dua waduk ini akan ada pengurangan jumlah air yang masuk ke Jakarta 30 persen. Artinya mengurangi banjir di Jakarta 30 persen,” katanya.

Adapun di wilayah hilir Jakarta, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat rutin mengerjakan normalisasi Sungai Ciliwung.

Ia menegaskan, normalisasi sungai di ibukota sangat mendesak dilakukan karena diketahui lebar sungai yang semakin menyempit. “Hulu dan hilir semua harus dikerjakan. Hulunya sudah untuk waduk Sukamahi dan Ciawi. Di hilirnya, di Jakarta, Kementerian PU terus mengerjakan pelebaran Sungai Ciliwung,” tandasnya. (inilah/ags)

Check Also

Presiden Jokowi Terbukti Dekat Dengan Umat

JAKARTA, Waspada.co.id – Ketua MPR RI Zulkifli Hasan sangat menyayangkan bahwa Presiden RI distigma tidak ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: