_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Jokowi Disarankan Pilih Wakil Menteri dari Profesional
Presiden RI, Joko Widodo (foto: Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi Disarankan Pilih Wakil Menteri dari Profesional

JAKARTA – Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) mengaku akan segera mengumumkan susunan kabinetnya untuk pemerintahan 2019-2024 usai pelantikan pada 20 Oktober 2019.

Terkait sosok yang akan diumumkan Jokowi menjadi pembantunya, diharapkan ada menteri yang berasal dari kalangan profesional. Selain itu, Jokowi disebut perlu mempertimbangkan jabatan wakil menteri pada periode mendatang.

“Sosok wakil menteri merupakan jabatan untuk memperkuat efektivitas kinerja kementerian. Memang tidak semua kementerian membutuhkan wakil menteri,” ujar analis politik, Arif Nurul Imam, dalam keterangannya kepada Media, Jumat (18/10/2019).

Menurut dia, selama ini kementerian yang membutuhkan posisi wakil menteri adalah Kementerian ESDM, Kementerian Keuangan, serta Kementerian Luar Negeri. “Kriteria figur wakil menteri tentu harus menguasai masalah dan tantangan kementerian tersebut,” ucap Arif.

Selain itu, Direktur Indostrategi ini mengatakan, figur wakil menteri juga harus memiliki frekuensi yang sama dengan menteri dan kabinet. “Serta siap untuk tidak tampil di publik, kecuali menteri berhalangan. Ini penting agar di kementerian tidak muncul matahari kembar yang merusak harmoni kerja,” katanya.

Arif mengingatkan, figur wakil menteri (wamen) juga harus diutamakan profesional, sehingga bisa bekerja maksimal, bukan sekadar jabatan bagi-bagi kekuasaan. Job desk wamen, lanjut dia, harus jelas sehingga bisa terukur kinerjanya. “Misalnya, menteri mengurusi persoalan eksternal, wamen mengurusi persoalan internal,” katanya.

适适

Check Also

Apa Tugas Wakil Panglima TNI?

JAKARTA, Waspada.co.id – Presiden Joko Widodo telah menambahkan posisi wakil panglima TNI dalam susunan organisasi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.