_
Home / Warta / Politik / Jokowi Butuh Cawapres Berintegritas dan Kuat di Bidang Hukum
Presiden Joko Widodo

Jokowi Butuh Cawapres Berintegritas dan Kuat di Bidang Hukum

JAKARTA – Hingga kini Presiden Joko Widodo masih mematangkan pilihannya soal figur yang tepat untuk dijadikan calon wakil presiden pada Pilpres 2019.

Terkait hal tersebut, Peneliti Divisi Hukum dan Monitoring Peradilan Indonesia Corruption Watch (ICW), Donal Fariz mengatakan, pada periode saat ini, pemerintahan Jokowi-JK dinilai masih memiliki kekurangan dalam isu penegakan hukum. Karena itu Donal menilai pada Pilpres kali ini Jokowi membutuhkan sosok yang rekam jejaknya bersih dari pelanggaran hukum khususnya dugaan korupsi.

“Harus diseleksi dari aspek integritas sebab Jokowi kan kurang dalam sisi hukum, maka penting cari calon wakil presiden yang punya kapasitas menutupi itu,” kata Donal, Senin (16/7/2018).

Mahfud MD Temui Saut Situmorang Bahas HMI

Untuk lebih menguatkan pilihannya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun disarankan meminta KPK untuk melakukan pengecekan agar tidak salah memilih orang yang berpotensi tersandera masalah hukum. “Rekam jejak itu tentu harus jadi pertimbangan,” ungkapnya.

Soal siapa figur yang sekiranya memenuhi kriteria tersebut, Donal mengatakan dia adalah mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD. “Saya berpikir dan berani untuk mencoba untuk menawarkan nama yang ideal, Profesor Mahfud,” kata Donal.

Alasannya, kata Donal, Mahfud memenuhi tiga syarat ideal menjadi cawapres, yakni bersih dan negarawan karena pernah menjadi Ketua MK, memiliki visi penegakan hukum dan demokrasi yang kuat dan konsisten karena merupakan Guru Besar Hukum, serta berani melawan mafia hukum dan mafia bisnis.

Hal lain disampaikan pengamat politik dari Universitas Airlangga Surabaya, Airlangga Pribadi. Menurutnya, Mahfud punya nilai plus, yakni berpengalaman dalam pemerintahan karena pernah menjadi Menteri Hukum dan Perundang-Undangan serta Menteri Pertahanan.

Dalam hasil survei The Initiative Institute pada 10-15 Juli 2018, sambungnya, Mahfud MD juga dianggap lebih layak menjadi cawapres pendamping Jokowi karena dikenal sebagai tokoh Islam dan profesional. Jika didampingi Mahfud, kata Airlangga, Jokowi bisa menangkal isu politik identitas dan SARA.

适适

“Pak Mahfud ini dekat dengan masyarakat Islam, tidak saja Islam moderat tapi juga paham dengan isu kalangan muda,” tandasnya.

Check Also

Kapoldasu: Rayakan Pelantikan Presiden Dengan Bersyukur

MEDAN, Waspada.co.id – Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto, meminta seluruh masyarakat untuk tidak ikut-ikutan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.