Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Jokowi Beri Bantuan Korban Gempa Lombok, Ini Penjelasan Mensos

Jokowi Beri Bantuan Korban Gempa Lombok, Ini Penjelasan Mensos

JAKARTA,  Waspada.co.id – Menteri Sosial Idrus Marham mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memberikan bantuan kepada warga korban bencana gempa bumi di Lombok, NTB. Karena, saat ini yang diperlukan adalah rehabilitasi.

“Saya punya keyakinan beliau ke sana pasti sudah akan menyerahkan (bantuan) sebagai tahap awal terhadap berapa puluh ribu rumah,” kata Idrus, Senin (13/8) malam.

Menurut dia, Presiden Jokowi tidak mungkin bicara tanggap darurat dan pemulihan lagi tapi bagaimana rehabilitasi rumah, bagaimana rekonstruksi rumah. Sebab, beliau sudah ambil keputusan memberikan bantuan untuk rehabilitasi.

“Sebesar Rp50 juta untuk yang rusak total, Rp25 juta untuk yang sedang dan Rp10 juta yang perlu perbaikan dikit,” ujarnya.

Ia mengatakan saat ini sudah dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait fasilitas umum, kemudian pendidikan, rumah sakit dan jalan juga sudah dipulihkan sedemikian rupa.

“Pada saat yang sama, Kemensos juga ada santunan terhadap keluarga (korban) itu. Kami berikan yang meninggal Rp 15 juta tiap orang yang meninggal, yang kami baru berikan baru 98. Kalau yang meninggal ada 428, berarti masih ada lebih dari 300 korban yang harus diberikan,” jelas dia.

Kesimpulannya, kata Idrus, gempa bumi Lombok tanggal 29 Juli maupun 5 Agustus ini semua sudah terkendali baik tanggap daruratnya, pemulihannya dan apalagi rekonstruksi dan rehabilitasi rumah.

“Kemudian kemarin ada info sudah akan dimulai oleh presiden, akan diserahkan secara simbolis. Tentu nanti akan dibagi tahapannya seperti apa, berapa bulan sudah diharapkan pembangunan-pembangunan sudah ada,” tandasnya. (inilah/ags/eli)

Check Also

Korban Tewas Gempa-Tsunami Palu dan Donggala Kini 2.045 Orang

JAKARTA, Waspada.co.id – Proses evakuasi korban bencana gempa tsunami di Palu dan sekitarnya masih terus ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: