Home / Warta / Politik / Jokowi Berencana Rekrut Penyandang Disabilitas Jadi Staf Khusus
Presiden Jokowi

Jokowi Berencana Rekrut Penyandang Disabilitas Jadi Staf Khusus

JAKARTA – Calon presiden (capres) nomor urut 01 Joko Widodo berencana merekrut seorang penyandang disabilitas menjadi staf khusus Presiden. Dia pun mengungkapkan bahwa telah menyeleksi sejumlah nama untuk posisi stafsus tersebut.

“Saya sebenarnya mau minta satu staf khusus disabilitas, sudah kita seleksi,” kata Jokowi saat menghadiri acara deklarasi Relawan Perempuan Keren di kawasan Serpong, Tangerang, Minggu (4/11/2018).

Capres petahana itu mengungkapkan, salah seorang penyandang disabilitas yang sudah diseleksi sebagaiuntuk stafsus itu adalah Surya Sahetapy. Surya merupakan putra dari pasangan Ray Sahetapy dan Dewi Yull.

“‘Sur, kamu sekolah dulu sajalah di Amerika nanti setelah pulang langsung masuk ke staf khusus Presiden. Saya sampaikan begitu, butuh waktu katanya sekolah mungkin empat tahun, S2, S3, ini anaknya mbak Dewi Yull, saya kira itu,” terang Jokowi.

Surya Sahetapy saat bersama Presiden Jokowi

Lebih lanjut, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menerangkan, saat ini jumlah penyandang disabilitas sekitar Rp 23 juta jiwa. Sehingga, dengan angka sebesar itu diperlukan fasilitas yang baik untuk menunjang para disabilitas.

“Baik transprotasi yang ramah disabilitas, baik trotoar ramah disabilitas, baik toilet, gedung ramah disabilitas, faktanya baru 1-3 kota yang ramah disabilitas,” tambah Jokowi.

Jokowi mengatakan bahwa pembangunan fasilitas bagi disabilitas merupakan pekerjaan besar dan wajib dilakukan.

“Yang paling penting bagi saya bagiamana memberikan ruang untuk dapat akses ekonomi, penting sekali, oleh sebab itu pelatihan-pelatihan dengan kita koneksikan dengan industri-industri untuk mempekerjakan minimal 5 persen,” kata Jokowi.

Check Also

SBY Curhat soal Koalisi, Kubu Prabowo Tak Mau Ambil Pusing

JAKARTA – Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengeluarkan unek-uneknya terkait adanya masalah dalam ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: