Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Jokowi: Aparatur Pemerintah Harus Turun ke Lapangan
foto: istimewa

Jokowi: Aparatur Pemerintah Harus Turun ke Lapangan

JAKARTA, Waspada.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengibaratkan aparatur pemerintah dalam mengambil kebijakan seperti seorang astonot. Menurut dia, aparatur pemerintah harus turun melihat langsung keluhan masyarakat sebelum mengambil kebijakan.

Ia mengatakan perjalanan seorang astronot ke bulan yang menghasilkan pandangan berbeda tentang bulan yang indah jika dilihat dari kejauhan, namun tak begitu indah setelah dilihat secara lebih dekat.

“Manajemen pemerintahan juga sama. Perlu kita zoom out dari jauh, tapi juga perlu zoom in, melihat dari dekat. Kadang penting kita mendengar laporan dari Menteri di sidang kabinet, tetapi juga kunjungan kerja ke lapangan sangat penting untuk melihat fakta di lapangan,” kata Jokowi, Jumat (19/10).

Oleh karena itu, Jokowi mengaku sering berkunjung ke berbagai pelosok di Tanah Air untuk melihat secara langsung fakta dan masalah yang ada di lapangan. Sebab, banyak kebijakan yang tidak berjalan karena permasalahan detail di lapangan yang belum terselesaikan.

“Saya tidak hanya ingin tahu apa kebijakan itu sudah dibuat. Tetapi bagi saya yang terpenting adalah apakah rakyat benar-benar sudah menerima,” ujarnya.

Namun demikian, Jokowi mengapresiasi segala bentuk dedikasi yang telah diberikan para aparatur pemerintahan kepada bangsa dan negara. Akan tetapi, aparatur pemerintah harus terus memperbaiki program-program yang telah dijalankan.

“Saya ingin agar program-program kita yang ada betul-betul dicek sampai ke bawah atau tidak, baik yang berkaitan dengan Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, Program keluarga Harapan, cek betul manfaatnya, apa tepat sasaran. Karena kalau memang belum tepat sasaran harus kita perbaiki dan benahi,” tandasnya. (inilah/ags/data2)

Check Also

Di Hadapan Sekjen PBB, Jokowi Tegaskan Dukungan RI Untuk Palestina

JAKARTA, Waspada.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: