_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / JK Minta Ignatius Jonan Banyak Belajar
kompas.com

JK Minta Ignatius Jonan Banyak Belajar

MAKASSAR, WOL – Presiden Joko Widodo resmi melantik Ignasisu Jonan sebagai Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) bergandengan dengan Arcandra Tahar sebagai Wakil Menteri. Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai Ignasius Jonan sebagai sosok yang tegas. Di posisi baru Jonan harus banyak belajar.

Kalla mengatakan, pelantikan Jonan sebagai Menteri ESDM definitif baru diputuskan pagi tadi. Kalla yang berada di Makassar sempat berhubungan lewat sambungan telepon membahas pelantikan dengan Presiden Jokowi.

“Dia memang seperti yang dikatakan tadi, orangnya tegas,” kata Kalla di Jalan Haji Bau, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (14/10).

Kalla menilai ada banyak pekerjaan yang menunggu Jonan. Tapi, hal pertama yang perlu dilakukan Jonan adalah belajar. Mantan Dirut PT Kereta Api Indonesia itu diminta belajar banyak soal energi.

“Harus belajar banyak soal energi,” kata Kalla.

Jonan tak punya latar belakang pendidikan dan pengalaman di sektor energi. Presiden Jokowi mengatakan, keputusan menunjuk Jonan karena di Kementerian ESDM adalah masalah manajemen. Meski begitu, Jokowi yakin keberadaan Arcandra Tahar yang mendampingi Jonan akan bisa mengelola sektor ESDM.

Arcandra pernah merasakan posisi yang diduduki Jonan selama 20 hari sebelum diberhentikan secara hormat karena kasus dwikewarganegaraan. Arcandra merupakan profesional di bidang perminyakan lepas pantai.

Kalla merasa tak ada yang salah dengan posisi baru Arcandra sebagai wakil menteri. “Itu biasa saja, dia kan jadi menteri 20 hari, jadi perlu orang lebih berpengalaman jadi menteri,” kata Kalla.(metrotvnews/data1)

Check Also

JK Tak Ingin Ijtima’ Ulama III Bukan Didasari Politis

JAKARTA, Waspada.co.id – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengingatkan agar pelaksanaan Ijtimak Ulama III yang akan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.