Breaking News
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Jika Gunung Agung Meletus, Ketua FKUB: Itu Anugerah dari Tuhan
Ketua FKUB. (Nurul H/Okezone)
Ketua FKUB. (Nurul H/Okezone)

Jika Gunung Agung Meletus, Ketua FKUB: Itu Anugerah dari Tuhan

agregasi
agregasi

 

DENPASAR – Ketua Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB) Bali, Ida Pelingsir Agung Putra Sukahet meminta agar tak ada ketakutan terkait aktivitas Gunung Agung. Bahkan, ia mengajak wisatawan datang menyaksikan atraksi Gunung Agung saat meletus.

“Saya memohon kepada komponen pariwisata untuk mengundang wisatawan dunia datang ke Bali untuk melihat Gunung Agung. Sebagai atraksi Gunung Agung meletus,” terang Ida di Denpasar, Minggu (8/10/2017).

Ida menambahkan, wisatawan bisa melihat atraksi Gunung Agung dari Kertagosa, Klungkung, Kintamani, Bangli. Namun, ia mengingatkan agar tontotan itu tak dilakukan di kawasan zona rawan.

“Menonton lah ramai-ramai bagaimana Gunung Agung meletus. Tetapi jangan di kawahnya, dialaran lahar,” tuturnya.

Dikabarkan sebelumnya berdasarkan data Kementerian Pariwisata sudah ada 100 ribu wisatawan yang membatalkan perjalanannya ke Bali semenjak adanya status Gunung Agung menjadi awas. Dia menjelaskan, bahwa abu vulkanik yang keluar dari Gunung Agung harus diteliti. Pada 1963 saat gunung yang berada di Kabupaten Karangasem meletus ini belum ada masker.

“Pada saat itu masyarakat Klungkung dan Karangasem dalam satu tahun itu bergelut dengan abu Gunung Agung dengan mata telanjang dan hidung telanjang. Tetapi tidak ada yang sakit ispa tidak ada yang sakit kena abu Gunung Agung mohon diteliti,” papar Ida.

Adapun seandainya meletus, Ida menilai hal tersebut sebagai anugrah yang maha kuasa. Ia pun memaparkan data empiris sejak 1300 tahun yang lampau, pada saat dibangunnya Pura Besakih. Kala itu, Maharesi Pakrendea, sebelum abad ke-8 memendem atau menanan pancadatu.

“Itu merupakan anugerah dari Tuhan. Pada saat itu maharesi agung yang sudah paham pada zaman dulu zaman sekarang dan zaman yang akan datang disebut amianan awamna. Pura Besakih akan aman dan Gunung Agung gunung berapi itu berperiode meletus,” sambungnya.

Check Also

foto: Illustrasi

Aceh Kembali Diguncang Gempa 5,1 SR dan Tak Berpotensi Tsunami

ACEH, WOL – Gempa bumi kembali mengguncang Aceh. Gempa berkekuatan 5,1 SR dirasakan usai salat ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.