Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Jero Wacik dan Choel Ajukan PK, KPK: Kami Tidak Khawatir!
Juru Bicara KPK Febri Diansyah (Foto: Okezone)

Jero Wacik dan Choel Ajukan PK, KPK: Kami Tidak Khawatir!

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku tidak khawatir dengan adanya Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan oleh dua terpidana kasus korupsi Jero Wacik dan Choel Mallarangeng.

“Kami tidak khawatir sama sekali. Karena itu hak terpidana,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah dikantornya, Jakarta, Kamis (12/7/2018).

Choel Mallarangeng

Febri menegaskan, dalam melakukan proses perkara korupsi, pihaknya sudah melakukan rangkaian panjang dalam proses pembuktian. Sebab itu, lembaga antirasuah merasa percaya diri pengajuan PK tidak akan mengubah konstruksi hukum seorang terpidana dalam perkara yang menjeratnya.

“Nanti kami lihat bagaimana proses hal tersebut dan hasilnya seperti apa. KPK yakin sekali dengan konstruksi kasus tersebut emang sudah diuji dalam proses panjang,” tutur Febri.

Jero Wacik

Disisi lain, Febri meyakini, Majelis Hakim yang menyidangkan PK tersebut akan bersikap independen dan profesional. “Tinggal kami simak bagaimana proses sidang dan kami percaya hakim akan independen dan imparsial memproses hal tersebut,” ucap Febri.

Jero Wacik sendiri telah dinilai terbukti bersalah karena melakukan tindakan korupsi dengan menyalahgunakan dan operasional Menteri (DOM) tahun 2011-2013 selama menjabat. Pada tingkat pertama dia dihukum empat tahun penjara.

Setelah mengajukan kasasi, Mahkamah Agung menjatuhkan hukuman yang lebih berat, yakni 8 tahun penjara serta denda Rp300 juta dan juga subsider 6 bulan kurungan.

Sementara itu, Choel Mallarangeng terjerat dalam perkara proyek pembangunan Pusat Pendidikan, Pelatihan, dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) di Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

Pengadilan Tipikor Jakarta telah menjatuhkan vonis tiga tahun lima bulan penjara dengan denda sebesar Rp250 juta subsider tiga bulan kurungan terhadap Choel Mallarangeng.

Check Also

Berkas Pendaftaran Mantan Koruptor Langsung Dikembalikan Tanpa Putusan MA

JAKARTA, Waspada.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal mengembalikan berkas pendaftaran partai politik yang mendaftarkan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: