_
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Jelang Lebaran, Penarikan Uang Via ATM Naik Drastis
istimewa

Jelang Lebaran, Penarikan Uang Via ATM Naik Drastis

MEDAN, WOL– Jelang Lebaran, kebutuhan masyarakat terhadap Uang Pecahan Kecil (UPK) terus meningkat. Bank Indonesia bekerja sama dengan sejumlah perbankan Medan dengan membuka loket penukaran sebanyak 45 loket. Kegiatan menukar UPK ini digelar sejak 1 Juli hingga 14 Juli 2015.

Selain di loket, BI juga mencatat menaiknya penarikan uang via  ATM (Anjungan Tunai Mandiri).

Kepala Kantor Wilayah Sumut Bank Indonesia, Difi A Johansyah kepada Waspada Online, hari ini mengatakan, sampai  9 Juli UPK yang diminati masyarakat didominasi pecahan Rp5000. Dan sudah mencapai 94 persen dari modal yang disediakan.

“Yang banyak diminati itu pecahan Rp5000 dan Rp2000. Untuk pecahan Rp5000 hingga saat ini 94 persen dari uang yang disediakan. Sedangkan pecahan Rp2000 sebanyak 89 persen dari yang disediakan,”terangnya.

Difi menerangkan,  hingga 9 Juli, penukaran kas mobil khusus di Lapangan Merdeka Medan telah terserap masyarakat sebanyak Rp8,951 miliar atau sebesar 49 persen dari total modal kerja sebesar Rp18 miliar dan Rata-rata penukaran per hari Rp1,27 miliar, dengan penyerapan tertinggi ya Rp5000,” terang Difi.

Penukaran yang masih 49 persen disebabkan mapping loket penukaran perbankan yang lebih merata. dan telah dilakukan sosialisasi dari jauh hari. Sehingga, masyarakat yang menukarkan UPK tidak hanya ke Kas Mobil Lapangan Merdeka.

“Untuk penukaran uang di instansi dan pasar hingga hari ini telah terserap sebanyak Rp4,06 miliar atau sebesar 71 persen dari modal kerja sebesarRp5,7 miliar,” ungkapnya.

Ia pun menjelaskan, hingga saat ini penarikan bank untuk kebutuhan nasabah dan ATM sudah mencapai Rp2,7 triliun, jumlah ini sudah termasuk penarikan untuk kebutuhan card to cash yang dilakuka melalui 9 bank yang sudah kerjasama dengan Bank Indonesia.

Sebelum lebaran, masih akan ada kebutuhan penukaran dan penarikan uang oleh bank, terutama untuk kebutuhan ATM.

Lanjutnya, kemungkinan untuk beberapa hari ke depan akan terjadi penarikan besar-besaran kurang lebih Rp1,4 triliun. Hari ini penarikan uang mencapai Rp1,27 miliar per hari.

适适

“Sebagai perbandingan d tahun 2014, menurut data Bank Indonesia, penarikan dalam jumlah besar untuk pemenuhan ATM dan kebutuhan kantor cabang terjadi sejak H-3 sebelum lebaran dan pada 2014, total penarikan sejak H-3 mencapai Rp1,550 triliun,” pungkasnya. (WOL/EKO)

Check Also

PSMS Jaga Kans Promosi Liga 1

PALEMBANG, Waspada.co.id – Target promosi ke Liga 1 Indonesia musim depan bagi PSMS Medan kian ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.