Breaking News
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Jelang Lebaran, Masyarakat Harus Pandai Gunakan THR
Istimewa

Jelang Lebaran, Masyarakat Harus Pandai Gunakan THR

MEDAN, Waspada.co.id – Tanpa terasa Ramadhan telah memasuki hari ke-16. Dan konsumsi masyarakat diperkirakan mulai akan mengalami peningkatan hingga H-2 atau H-3 Lebaran nanti.

Kalau sebelumnya, lonjakan konsumsi terjadi di saat Ramadhan pertama, dan selanjutnya mengalami penurunan. Maka mulai saat ini, trend konsumsi akan kembali mengalami kenaikan hingga puncaknya Ramadhan.

“Jelang Lebaran konsumsi meningkat, masyarakat harus pandai gunakan THR. Konsumsi memang pada dasarnya masih menjadi penyumbang utama pertumbuhan ekonomi. Namun jika tidak diimbangi dengan kebijakan yang tepat, lonjakan konsumsi sangat berpotensi memicu terjadinya lonjakan harga barang. Ini yang perlu diwaspadai. Walaupun hingga saat ini, belum terlihat ada lonjakan kenaikan pada sejumlah kebutuhan pokok masyarakat,” ujar Ekonom Sumut, Gunawan Benjamin.

Dikatakan, kalau semuanya masih terbilang normal. Bahkan di wilayah Sumut, harga cabai merah terpuruk di bawah level Rp20 ribu/kg saat ini.

“Hanya cabai rawit yang harganya bangkit dari kisaran Rp22 ribu/kg, menjadi Rp35 ribu/kg. Sekalipun naik, harga cabai tersebut justru masih dalam batas ambang harga yang terkendali,” tuturnya kepada Waspada Online, Jumat (1/6).

Demikian halnya juga dengan harga bawang. Baik bawang merah dan bawang putih semuanya terpantau stabil. Dimana bawang merah di kisaran Rp30 ribu/kg dan bawang putih anjlok di kisaran Rp22 ribu/kg. Tidak hanya bawang putih saja yang turun. Harga daging ayam juga turun di kisaran Rp26 ribu hingga Rp29 ribu pe/kg. Bahkan sempat turun di kisaran Rp24 ribu/kg 2 hari sebelumnya.

“Untuk tomat yang harganya masih mahal. Tomat yang biasanya dijual di kisaran Rp5000 hingga Rp6000 per/kg. Saat ini harganya mencapai Rp9 ribu/kg. Secara keseluruhan indikator harga pangan ini menunjukkan bahwa semuanya relatif terkendali. Namun kita tetap harus mewaspadai konsumsi masyarakat yang berpeluang naik hingga lebaran nanti,” tukas Gunawan.(wol/eko/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Ratusan Karyawan PT PCM Terima THR

MEDAN, Waspada.co.id – Ratusan karyawan PT PCM Medan bergembira menerima THR dari perusahaan tempatnya bekerja. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: