_
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Jelang HUT RI, IHSG Berada di Zona Hijau
WOL Ilustrasi

Jelang HUT RI, IHSG Berada di Zona Hijau

MEDAN, Waspada.co.id – Meyambut HUT Kemerdekaan RI ke-74, Indeks harga saham gabungan berada di zona hijau sepanjang perdagangan.

Optimistis investor di tanah air sepertinya tercermin melalui perdagangan saham. IHSG pun ditutup menguat 29 poin atau naik 0,465 persen di level 6.286. Level IHSG tertinggi berada di level 6.292 dan terendah berada di level 6.235.

Ekonom Sumut, Gunawan Benjamin, menuturkan penguatan IHSG hari ini seiring dengan komitmen dan optimistis pemerintah untuk bersinergi dalam menjaga kestabilan ekonomi dan politik di tanah air hal ini sebagaimana dalam pidato yang disampaikan Presiden RI, Joko Widodo di Gedung MPR.

“Seiring berjalannya waktu, globalisasi mengantarkan kita pada persaingan bisnis, teknologi dan gaya hidup masyarakat sudah berubah. Ini mengharuskan kita untuk lebih berinovasi dalam segala hal termasuk investasi. Persaingan yang ketat membuat suatu negara melakukan strategi investasinya masing-masing untuk menarik investor asing di berbagai negara,” tuturnya, Jumat (16/8).

Dan begitupun Indonesia, pemerintah, OJK, Bank Sentral maupun BEI menjadi tombak utama dalam meningkatkan invetasi di tanah air. Melalui rangkaian kebijakan yang cepat dan mudah diharapkan mampu meningkatkan investor dan memperlancar arus keuangan di Indonesia.

“Sementara itu, Indeks saham di berbagai negara masih belum stabil di tengah ketidakstabilan ekonomi dan perang dagang AS dengan China yang masih berkecambuk. Situasi ini membuat pergerakan Indeks saham belum terarah. Indeks Dow Jones di tutup naik tipis 0,392 persen Indeks Nasdaq ditutup turun tipis 0,094 persen Indeks Shanghai menguat 0,285 persen Indeks Philiphine turun 0,42 persen indeks hangseng naik 0,936 persen dan STI turun 0,366 persen,” jelasnya.

“Tak hanya IHSG yang menguat, nilai tukar Rupiah juga menguat terhadap dolar AS. Rupiah naik 0,5 persen dikisaran level Rp14202/USD. Penguatan Rupiah ini juga seiring dengan keyakinan investor pasar uang di tanah air seiring dengan fundamental Indonesia yang masih kuat dan terjaga,” tandasnya.(wol/eko/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Sempurnakan Sistem Kliring, BI Lakukan Ini

MEDAN, Waspada.co.id – Untuk menyempurnakan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI), dalam melakukan transfer dana ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.