Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Jelang Akhir Tahun, Harga Pangan Terpantau Stabil
WOL Photo/Eko kurniawan

Jelang Akhir Tahun, Harga Pangan Terpantau Stabil

MEDAN, Waspada.co.id – Di awal pekan ini, sejumlah harga kebutuhan pangan masih terpantau stabil, kecuali untuk harga kebutuhan sayur mayur yang masih terbilang mahal.

Untuk harga bawang merah sejauh ini masih di kisaran Rp28 ribu/Kg untuk bawang merah kualitas bagus dari brebes. Untuk diketahui, bawang merah ini tidak hanya berasal dari wilayah brebes semata. Ada bawang merah dari solok maupun bawang merah impor.

Ekonom Sumut, Gunawan Benjamin, memandang jika dibandingkan dengan harga bawang merah impor, itu harganya masih jauh lebih murah bawang merah impor.

“Sekitar lebih murah Rp5000/kg-nya. Sejumlah pedagang menyebut bawang merah impor itu dengan sebutan bawang merah peking. Harga yang lebih murah juga terjadi pada harga bawang dari Solok, lebih murah sekitar Rp4000 per kg-nya,” tuturnya, Jumat (7/12).

Akan tetapi memang untuk rasa dan kualitas, bawang merah dari Jawa memiiki rasa yang lebih enak dan tidak terlalu bau. Berbeda dengan bawang merah impor yang baunya menyengat dan rasanya tidak sebaik bawang dari jawa. Kenaikan harga bawang saat ini dipicu oleh minimnya stok bawang merah dari solok, serta kuantitas bawang merah impor yang juga mengalami penurunan.

“Penurunan stok dari solok diduga Karena sudah melewati masa panen sementara itu pelemahan rupiah juga berpeluang mengerek kenaikan harga bawang impor sehingga stoknya berkurang. Jadi pada dasarnya masyarakat memiliki sejumlah alternatif dalam membeli bawang,” kata Gunawan.

Demikian halnya juga dengan cabai. Sejauh ini masyarakat lebih cenderung untuk mengkonsumsi cabai merah gunung dari tanah karo. Di mana rasanya memang lebih enak dan secara fisik lebih besar dibandingkan dengan cabai merah dari dataran rendah atau cabai kampong. Namun cabai merah kampong memiliki kemampuan untuk bertahan lebih lama.

“Harga cabai merah sama halnya dengan bawang masih terpantau stabil di bulan desember ini. Cabai merah dijual dikisaran 28 ribu per kg nya. Tidak jauh berbeda juga dengan harga cabai rawit yang diperdagangkan dalam rentang 27 hingga 28 ribu/kg,” terangnya.

“Saya melihat sejumlah kebutuhan pokok di awal desember masih terpantau stabil. Dan kita harap harga-harga tersebut stabil hingga natal dan tahun baru nanti. Bawang, cabai, minyak goreng, beras, gula semuanya masih berada dalam rentang harga yang ideal bahkan dengan kecenderungan turun. Namun yang perlu diwaspadai lagi adalah harga daging dan ikan,” pungkas Gunawan.(wol/eko/data1)
Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

YLKI Tegaskan Meikarta Informasikan Status Pembangunan

JAKARTA, Waspada.co.id – Tanggapi Meikarta, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menegaskan agar manajemen mega proyek ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: