Home / Warta / Politik / Jawab Prabowo, JK Tegaskan Pemerintah Mampu Bayar Utang
Wakil Presiden, Jusuf Kalla (Foto: Okezone)

Jawab Prabowo, JK Tegaskan Pemerintah Mampu Bayar Utang

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Wapres RI Jusuf Kalla buka suara terkait pernyataan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto yang menyebut utang pemerintah saat ini naik sebesar Rp1 triliun per harinya.

Menurut Kalla, tiap negara yang tengah melangsungkan pembangunan pasti membutuhkan suntikan dana. Apabila tidak memiliki modal, maka jalan yang biasanya di tempuh ialah berhutang.

Kalla menuturkan, hampir tiap negara pasti melakukan pinjaman. Bahkan, negara maju seperti Amerika Serikat dan Jepang pun melakukan hal yang sama. Hanya saja, masing-masing negara mempunyai cara tersendiri dalam melakukan pinjaman.

“Semua negara yang ingin membangun itu sama dengan perusahaan. Semua negara yang membangun butuh dana. Kalau tidak punya modal maka kita harus meminjam. Negara, siapa saja menjalankan itu, cuma caranya beda,” ujar Kalla di Kantor Wapres, Jakarta, Selasa (4/9/2018).

“Amerika juga minjam, tapi minjamnya dengan cara cetak duit. Kalau Jepang minjamnya ambil dari dana pensiun, kita (Indonesia) karena tidak cetak duit terlalu banyak karena tidak laku di luar negeri, maka kita minjam dari World Bank dari perbankan-perbankan, itu biasa saja. Jumlahnya itu relatif tergantung kemampuan,” sambungnya.

Kalla mengaku persoalan terbesar Indonesia terkait utang ialah bukan seberapa besar jumlahnya, melainkan kemampuan untuk membayarnya. Karena itu, ia menegaskan pemerintah saat ini mampu membayar utang-utang tersebut.

“Selama kita bisa bayar, bukan urusan dengan T (triliun) nya. Bisa bayar tidak? Kita bisa bayar,” tegas dia.

Saat dikonfirmasi terkait kenaikan utang pemerintah sebesar Rp1 triliun tiap harinya, Kalla mengaku belum mengetahuinya secara pasti. Pasalnya, pemerintah tidak menghitungnya secara hari ke hari, melainkan per tahun.

“Ya saya belum hitung seperti itu, tapi memang jumlahnya per tahun, kita tidak hitung per hari. Kita hitung tahunan gitu kan,” jelas Kalla.

Diberitakan sebelumnya, Bakal Calon Presiden Prabowo Subianto kembali menyinggung permasalahan perekonomian yang saat ini dihadapi Indonesia. Salah satunya adalah jumlah utang negara saat ini.

Prabowo mengkritisi penerapan kebijakan ekonomi pemerintah Indonesia saat ini dalam menyelesaikan permasalah utang. Dia menyatakan, semakin lama jumlah utang justru malah meningkat.

“Saudara-saudara, utang pemerintah kita naik terus, naik terus. Sekarang hitungannya naiknya Rp1 triliun tiap hari,” ujar Prabowo dalam sambutan pada acara bedah buku Prabowo berjudul “Paradoks Indonesia” di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Sabtu 1 September 2018.

Check Also

Prabowo Dukung Ijtima’ Ulama Jilid Dua

JAKARTA, Waspada.co.id – Sejumlah ulama yang merupakan bagian dari Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: